#PesonaIndonesia

Menakjubkan! China Daftarkan 3000 Atlet Untuk Berkompetisi Dalam Ajang Asian Games 2018

18th Asian Games Invitation Tournament Cabang Atletik - Tirto.ID Tirto

18th Asian Games Invitation Tournament Cabang Atletik – Tirto.ID Tirto

Siapa sangka jika harmonisasi hubungan negara antara China dan Indonesia ini ternyata semakin hangat saja. Hal ini dibuktikannya dengan pertemuan Perdana Menteri China yang berlangsung pada tanggal 07 Mei 2018 yang dalam hal ini diwakili oleh Li Keqiang dan Joko Widodo selaku presiden Indonesia yang berlokasi di Istana Bogor, Jawa Barat.
Pertemuan kedua belah pihak tersebut ternyata bersamaan dengan adanya Pre-Delegation Registration Meeting Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Phom Phen, Kamboja. Dalam kegiatan tersebut, dilaporkan bahwasannya setidaknya ada 3,000 atlet China yang tercatat dalam entry-by-number untuk melakoni kejuaraan yang bergengsi se-Asia tersebut.
Dalam pesta olahraga yang diselenggarakan untuk yang ke 18 kalinya ini, sudah jelas bahwasannya, negara tirai bambu ini akan mendaftarnya kontingen atletnya sebanyak itu. Hal ini terlihat dari catatan keikutsertaannya di tahun sebelumnya sejak kejuaraan New Delhi 1982. Di tahun 2010 yang lalu saat berlaga di kandangnya, Ghuangzhou, China dilaporkan mengirimkan sebanyak 900 atlet dan di tahun 2014 tepatnya di Incheon, negara tersebut diperkuat oleh 880 atlet. Tidak mengherankan jika dalam ajang Asian Games 2018 kali ini, negara tersebut mengirimkan lebih banyak kontingen atlet.
Hal yang senada juga disampaikan oleh pihak Erick Thohir yang merupakan Ketua Pelaksana Asian Games 2018, yang menyebutkan bahwasannya dengan terdaftarnya 3,000 atlet dari China berserta officialnya ini ternyata juga memberikan dampak positif atas terjalinnya hubungan yang harmonis antara kedua belah pihak yang dalam hal ini adalah China dan Indonesia.
Disebutkan dengan banyaknya jumlah peserta Asian Games 2018 yang berasal dari China tersebut kemungkinan akan diketahui dengan pasti ketika dilakukan pendaftaran dengan pengentrian nama yang bersangkutan. Hal ini bisa diketahui saat tiba tanggal 30 Juni 2018. Saat ini, pihak panita pelaksana ajang yang bergengsi tersebut yang terdiri dari Sports, Akreditasi dan International Relations & Protocol sedang melangsungkan Pre-DRM yang berlangsung di dua negara yaitu Kirgistan dan juga Kamboja sebagai tujuan untuk mendaftarkan jumlah kontingen yang nantinya akan terlibat pada ajang tersebut.
Dalam kegiatan Pre-DRM tersebut yang berlangsung di Kirgistan, dilaporkan bahwa setidaknya ada 19 NOC (National Olympic Committee) yang terdaftar dan sebagian besar berasal dari wilayah Asia Barat dan juga Asia Tengah. Hal yang berbeda terjadi di Kamboja yang dalam hal ini dilaporkan setidaknya ada 26 negara yang melakukan pendaftaran dan sebagian dari mereka berasal dari wilayah Asia Timur, Asia Selatan serta Asia Tenggara.
Dengan meningkatnya jumlah peserta yang akan berlaga dalam ajang yang sangat bergengsi tersebut, pihak panitia pelaksana akan meningkatkan sportifitas dan juga memberikan pelayanan yang terbaik demi tersukseskannya ajang pertandingan Asian Games 2018.

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top