Internasional

Mengapa Mobil Swakemudi Waymo Dibenci Warga Arizona?

Share the knowledge

Mobil swakemudi Waymo melaju melalui lingkungan Chandler, Arizona, AS, pada 1 Agustus 2018 lalu, ketika pengemudi uji coba, Michael Palos, melihat sesuatu yang mengejutkan saat dia duduk di belakang kemudi: seorang pria berjanggut dengan celana pendek membidikan pistol saat dia melewati jalan masuk pria itu. Ini bukan pertama kali mobil Waymo diserang warga.

Insiden ini menurut laporan laman AzCentral, adalah salah satu dari setidaknya 21 interaksi yang didokumentasikan polisi Chandler selama dua tahun terakhir di mana orang telah melecehkan kendaraan otonom dan pengemudi penguji manusianya. Banyak orang yang tampaknya frustrasi dengan kehadiran kendaraan self-driving ini.

Orang-orang melempar batu ke mobil-mobil Waymo, ban dikempeskan saat berhenti di jalan, orang membentaki mobil itu, dan sejumlah perilaku negative lainnya terhadap mobil tersebut. Banyak orang melecehkan pengemudinya seolah menyimpan dendam terhadap perusahaan induknya.

Seorang penyerang Waymo, Roy Haselton, yang ditangkap polisi mengatakan, dia sakit dan lelah dengan kendaraan-kendaraan Waymo yang mengemudi di lingkungannya.

Arizona Republic meyebutkan, menanggapi insiden-insiden tersebut pihak perusahaan memerintahkan pengemudi penguji agar menghubungi polisi dalam situasi apa pun yang membuat mereka merasa tidak aman atau berbahaya.

Postcomended   AS Jatuhkan Sanksi Baru; Menuduh Negara Ini Berupaya Menipu PBB

“Keselamatan adalah inti dari semua yang kami lakukan, yang berarti menjaga pengemudi kami, pengendara kami, dan keselamatan publik adalah prioritas utama kami,” kata seorang juru bicara Waymo dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui email.

“Selama dua tahun terakhir, kami telah melihat orang-orang Arizona menyambut gembira potensi teknologi ini untuk membuat jalanan lebih aman. Kami percaya bahwa elemen kunci dari keterlibatan lokal adalah pekerjaan kami yang berkelanjutan dengan komunitas tempat kami berkendara, termasuk penegak hukum Arizona dan responden pertama,” kata email tersebut.

Serangan warga terhadap Waymo diduga semacam sentimen negatif sopir taksi saat harus bersaing dengan taksi online, atau ojek pangkalan terhadap ojek online. Layanan taksi komersial pertama Waymo diluncurkan awal bulan ini di Arizona, dengan nama Waymo One.

Postcomended   Facebook “Menyerah” Bangun Pemancar Internet Super ke Seluruh Dunia #FacebookDown

Waymo merupakan kreasi Alphabet Inc. yang berbasis di Mountain View, California, yang telah menguji mobil berteknologi swakemudi itu di wilayah Chandler sejak 2016. Mobil swakemudi ini menggunakan radar, lidar, dan kamera, untuk bernavigasi, sehingga mobil ini bisa menangkap rekaman semua interaksi yang biasanya cukup jelas untuk mengidentifikasi orang dan membaca plat nomor.

Insiden yang digariskan dalam laporan polisi menunjukkan bahwa meskipun ada kegembiraan sebagian warga atas peran Arizona dalam mengembangkan teknologi mutakhir, tidak semua penduduk Chandler menyambut tes mobil yang mengemudi sendiri di kota mereka ini.

Phil Simon, dosen sistem informasi di Arizona State University dan penulis beberapa buku tentang teknologi, mengatakan kegelisahan penduduk Chandler mungkin terjadi dengan cepat dan banyak orang khawatir bahwa teknologi akan mengambil alih pekerjaan,” kata Simon.

Simon mengatakan sulit bagi orang-orang kelas menengah untuk merayakan terobosan teknologi seperti mobil swakemudi jika mereka telah melihat gaji mereka sendiri stagnan atau bahkan menurun dalam beberapa tahun terakhir.***

Postcomended   Merasa Bersalah Selamat dari Insiden Pembantaian, Sydney Aiello Bunuh Diri

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top