Mengenal Elang di Penangkaran Elang Kamojang

Mengenal Elang di Penangkaran Elang Kamojang

#PesonaIndonesia Nasional
Share the knowledge

 

Usai menikmati suasana Taman Wisata Kawah Kamojang, cobalah mampir ke Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK) di Kecamatan Samarang-Garut. Di sana Sobat Pesona akan mendapatkan informasi lengkap tentang predator yang terancam punah ini.

Mungkin belum banyak yang tahu jika kawasan Kamojang yang berada di Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat sejak lama menjadi salah satu tempat migrasi elang. Alasan inilah yang menjadi landasan dikembangkannya Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK).

Berdiri sejak 2015, PKEK menjadi alternatif wisata edukasi mengenal jenis burung elang.PKEK terletak di Blok Citepus Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Kamojang dengan luas sekitar 11,4 hektare. Untuk mencapainya, hanya butuh waktu sekitar 45 menit dari pusat kota Garut.

Postcomended   Sail Sabang 2017 Jadi Event Sail Terbesar di Tanah Air

Sejak awal PKEK didirikan untuk tujuan edukasi, sehingga wisatawan yang berkunjung tidak dipungut biaya sepeserpun. Tidak kurang ada 85 ekor elang dari berbagai jenis menghuni PKEK. Elang-elang dari berbagai jenis seperti elang brontok, elang tikus, elang hitam, hingga elang Jawa yang sangat terkenal di Indonesia ini merupakan hasil sitaan petugas maupun diserahkan oleh warga.

Terbang dengan Kecepatan 300km/jam
Berkunjung ke PKEK, kita akan mendapat informasi lengkap tentang burung predator ini. Mulai sejarah, jenis elang hingga cara burung pemangsa ini bertahan hidup. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa kebanyakan elang bersifat monogami sehingga jenis burung pemangsa ini termasuk salah satu jenis satwa yang setia pada pasangannya.

Postcomended   Rumah Sitaan dari Koruptor Impor Sapi Laku Kepada Penawar Tunggal

Tidak hanya itu, elang juga merupakan satwa yang memiliki indera penglihatan sangat tajam, di samping juga memiliki kecepatan luar biasa yang bisa mencapai 300 km/jam.

Sayang, tidak semua elang dapat diamati pengunjung. Hanya ada sekitar 15 ekor elang penghuni kandang khusus yang bisa menjadi objek amatan wisatawan. Elang lainnya menempati kandang rehabilitasi dan sementara, sesuai kondisi mereka.

Meski demikianpengunjung tetap akan mendapatkan informasi lengkap seputar elang langsung dari para pakar elang. Selain itu, informasi berkaitan dengan elang juga bisa didapatkan dari berbagai poster ataupun foto yang terpampang di dalam Pusat Informasi PKEK.

Postcomended   Memanen Realitas Hidup Masa Kini

Sebagai pusat konservasi, PKEK telah dilengkapi dengan fasilitas kandang memadai  (kandang display, kandang observasi, kandang karantina, kandang rehabilitasi, dan lain-lain) dengan merujuk di antaranya pada Minimum Standard for Wildlife Rehabilitationdan Standard for Bird of Prey Sanctuary.


Share the knowledge

Leave a Reply