Susi Pudjiastuti mengayuh kanonya untuk mendekati kapal Silver Sea 2 (kiri) yang terbukti bersalah dan resmi dirampas oleh negara. Dalam foto hasil olahan dari akun Instagram @ffawzia ini, pemilik akun menulis bahwa jika gambar di-zoom, titik hitam adalah sang menteri.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, seperti biasa, kembali melakukan aksi di luar protokoler, khas kaum eksekutif “zaman now”. Usai menghadiri pembukaan acara Sail Sabang Sabtu (2/11/2017), Susi mengayuh kano-nya ke tengah laut, menerjang hujan, arus, dan angin yang sedang kencang. Mau ke mana Bu Susi?

Rupanya Susi ingin menghampiri kapal ikan ilegal Silver Sea 2 (SS-2) yang ditangkap KRI Teuku Umar di Perairan Sabang, Aceh pada 13 Agustus 2015. Kapal berbendera Thailand itu –yang telah dirampas negara– diduga menampung ikan di wilayah perairan Indonesia secara ilegal. Susi mengayuh kanonya dari depo Pertamina.

Postcomended   Susi Pudjiastuti Menangis Diberi Gelar Doktor

Fika Fawzia, asisten Susi melalui akun Instagramnya menyebutkan, semua stafnya sudah memperingatkan kondisi cuaca, namun Susi membandel. “Saya sudah sebulan tidak ke laut. Kalau lihat laut tapi tidak bisa berenanng rasanya seperti dipenjara,” ujar Susi seperti ditulis Fika di kepsyen fotonya.

Warganet seperti biasa, memuji-muji gaya Susi. Akun wilyadi_nugraha menulis: “salluttt u ntuk sang ibu menteri…hebat tak ada duanya..pelaut sejati.” Fahma.emza berkata: “Bu Boss keren gokil.” Akun lainnya atas nama auliyasiswasy berkomentar: “Langsung aja dibom kapalnya itu ibu bos.”

Namun ada juga yang keluar arus. Akun tyartir menulis: “iya bagus sih kalo kerja emng harus gtu, tapi kalo keseringan diposting lebay sih Mbak.” Mbak yang dimaksud di sini adalah Fika.

Pada 20 Oktober lalu, kapal ini resmi dirampas untuk negara Indonesia. Pengadilan Negeri Kelas II Sabang dalam sidang putusannya terkait pelanggaran perikanan di laut Indonesia yang dilakukan terdakwa nakhoda Kapal SS-2, Yotin Kuarabiab, menyatakan nakhoda tersebut terbukti bersalah.

Postcomended   Leonardo DiCaprio: Susi Pemimpin yang Dibutuhkan Seluruh Dunia

Ikan hasil lelang sebanyak 1.930 ton, Rp 2,579 miliar di Mako Lanal Sabang 19 Juli 2016, kapal bersama dokumennya dirampas untuk negara. Susi pernah berjanji akan menenggelamkan SS-2 bila menang di pengadilan.

Aksi Susi paddling (jenis olahraga yang berkembang setahun terakhir ini) ke tengah laut sudah sering dilakukan. Salah satu yang paling menghebohkan media sosial adalah saat Susi duduk di kanonya sambil minum kopi dan merokok, bahkan melakukan yoga.

Tak ada penjelasan dimana Susi melakukan aksi tersebut. Namun Susi membagikan kegiatannya itu di akun Twitternya pada 17 Agustus 2017. Lebih kencang lagi menjaga Laut untuk Masa Depan Bangsa. Ocean is my real home. Passion, love, commitment,” tulis perempuan nyentrik ini.

Susi juga pernah berkano di Pulau Natuna, Kepulauan Riau, Agustus silam, bersama cucunya, Arman Hilmansyah.(***/dari berbagai sumber)

Share the knowledge