Loading...
Ekonomi

Menuju Divestasi Freeport 51%: Kontrak Diperpanjang Lagi Sebulan Tanda Divestasi 51% Kian Dekat

Share the knowledge

(sumber foto: intelijen.co.id)

Sejauh ini posisi pemerintah Indonesia tampak seperti berada di atas angin atas PT Freeport. Agustus 2017, Freeport dipaksa menandatangani kesepakatan divestasi 51% saham kepada Indonesia, disusul penandatanganan kesepakatan 10% keuntungan Freeport untuk Papua. Ini tidak gratis melainkan izin Freeport akan diperpanjang hingga 2041. Namun awal Juli 2018, kontrak Freeport yang seharusnya berakhir 4 Juli 2018, malah diperpanjang sebulan.Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan memperpanjang Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) PT Freeport Indonesia (PTFI) yang berlaku 29 Juni – 31 Juli, 2018. Ini diduga dilakukan karena negosiasi divestasi saham masih belum selesai, sementara produksi konsentrat terus berjalan.

Direktur Jenderal Mineral dan Batu bara Kementerian ESDM, Bambang Gatot, mengatakan, seperti dilaporkan CNN Indonesia, perpanjangan IUPK ini agar Freeport bisa mengekspor hasil pengolahan mereka dalam jumlah tertentu.

“Tentu dengan membayar bea keluar sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Gatot, Rabu (4/7/2018). Seperti diketahui, UU Minerba mengharuskan perusahaan tambang mengekspor konsentrat dalam keadaan telah lebih diolah atau lebih murni.

Postcomended   PM Singapura Isyaratkan Asia Akan Dipaksa Pilih Amerika atau Cina

Namun karena negosiasi belum rampung juga, maka pihak Freeport dalam hal ini belum bisa memenuhi syarat membangun smelter untuk mengolah konsentrat.

Namun Bambang mengatakan, perpanjangan justru diberikan sebagai sinyal bahwa negosiasi divestasi 51% telah mencapai titik akhir dalam waktu dekat. Divestasi saham ini akan dilakukan kepada BUMN, dalam hal ini adalah PT Inalum.

Ini bukan yang pertama IUPK Freeport diperpanjang di saat pemerintah telah menyatakan menghentikan ekspor Freeport awal 2017 silam. Masih di awal tahun itu, pemerintah “terpaksa” mengeluarkan perpanjangan IUPK dari 10 Februari – 10 Oktober, 2017.

Namun karena perundingan tak kunjung kelar, pemerintah kembali memperpanjang IUPK sementara Freeport selama tiga bulan. Awal tahun ini pemerintah kembali memperpanjang IUPK Freeport yang akan kedaluwarsa pada 4 Juli 2018.

Postcomended   Kaum Millenial Bikin Pusing Perusahaan Sepeda Motor Klasik Amerika

Jika proses negosiasi divestasi 51% rampung, Papua bakal kecipratan untung sebesar 10%, yang diharapkan dapat lebih menyejahterakan kawasan terdampak kegiatan Freeport.

Divestasi senilai 51% tersebut telah dianggap memenuhi harga pasar yang sewajarnya. Untuk diketahui, kesepakatan dengan Freeport di era Orde Baru hanya memberi Indonesia divestasi saham 9% saja.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan, tahapan pencaplokan saham PTFI tetap berlangsung sesuai rencana. Prosesnya juga masih berlangsung sampai saat ini, dan masih didasarkan dari perjanjian awal yang dilaksanakan pada 27 Agustus 2017 silam.

Dalam perjanjian itu, PTFI bersama pemerintah menyepakati sejumlah poin. Pertama, PTFI sepakat sahamnya sebesar 51 persen dikuasai Indonesia, termasuk kewajiban PTFI membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian atau smelter.

Selain itu, izin usahanya menjadi IUPK bukan lagi kontrak karya (KK). Disepakati juga penerimaan negara secara agregat nanti akan lebih besar dibanding penerimaan melalui KK selama ini. Imbalannya bagi PTFI jika bisa memenuhi semua ketentuan itu adalah perpanjangan izin usaha hingga 2041.(***/CNNIndonesia/kompas)

Postcomended   12 Mei dalam Sejarah: Darurat Wabah Virus Zika Diakhiri
Loading...


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Loading...
To Top