Logo peringatan Harkitnas 2017 – http://malangkota.go.id/2017/05/03/pedoman-penyelenggaraan-peringatan-hari-kebangkitan-nasional-2017/

Tanggal 20 Mei segera datang. Peringatan hari kebangkitan nasional 2017 disiapkan di berbagai daerah.

Kebangkitan Nasional sebetulnya adalah peringatan terhadap bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya organisasi Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928). Masa ini merupakan salah satu dampak politik etis yang mulai diperjuangkan sejak masa Multatuli.

Website pendidikan.com telah melansir sejumlah pedoman peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Tema Harkitnas 2017 adalah “Pemerataan Pembangunan Indonesia yang Berkeadilan sebagai Wujud Kebangkitan Nasional”.

Harkitnas 2017 terfokus pada visi pemerintahan Jokowi dan JK, yaitu terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong. Visi ini akan diwujudkan melalui 9 agenda strategis yang disebut Nawacita.

Dalam tujuan peringatan Harkitnas ke-109 tahun ini, diharapkan jiwa kebangsaan dan nasionalisme menjadi dasar dalam pembangunan, menegakkan nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika, serta mempererat persaudaraan.

Sejauh ini, terdapat banyak kritik terhadap Nawacita yang dilontarkan berbagai pihak. Di antaranya menyoal perlakuan keji aparat keamanan terhadap rakyat Papua, pembunuhan dan