Terima Undangan Presiden Prancis, PM Hariri Batal Pulang ke ... Okezone News800 × 500Search by image https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 16 18 1815314 terima

Terima Undangan Presiden Prancis, PM Hariri Batal Pulang ke … Okezone News800 × 500Search by image https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 16 18 1815314 terima

Perdana Menteri Lebanon, Saad al-Hariri, yang sempat mengundurkan diri karena takut dibunuh, membatalkan pengundurandirinya itu, Rabu (22/11/2017). Pembatalan ini seperti dilaporkan Reuters, merupakan permintaan Presiden Lebanon, Michel Aoun, dengan maksud untuk meredakan krisis yang semakin memanas di Timur Tengah. Hariri yang berbeda poros dukungan dengan Aoun memuji tekad Aoun melindungi stabilitas Lebanon.

“Saya menyampaikan pengunduran diri saya kepada presiden pada hari ini, tapi dia meminta saya untuk bertahan,” kata Hariri.

Presiden Aoun, yang merupakan sekutu Hizbullah yang didukung Iran, sebelumnya sudah menolak pengunduran diri Hariri karena diumumkan dari luar negeri (dari Riyadh, Arab Saudi), di tengah situasi yang misterius.

Postcomended   Robot Kecerdasan Buatan yang Jadi Warganegara Arab Saudi Berkata: "Saya Juga Punya Perasaan"

Aoun bahkan menyebut Hariri telah menjadi tawanan Arab Saudi. Namun pada Rabu, Hariri berterimakasih kepada Aoun atas tekadnya melindungi stabilitas Lebanon.

Keputusan pembatalan pengunduran diri itu disampaikan setelah Hariri pulang ke ibu kota Lebanon, Beirut, untuk pertama kalinya sejak menyatakan mengundurkan diri pada 4 November 2017 dalam sebuah siaran langsung dari Arab Saudi.

Disebutkan bahwa kepulangan Hariri ke Lebanon iti merupakan hasil intervensi Prancis. Hariri berharap keputusan ini akan membuka jalan baru bagi perundingan yang lebih bertanggung jawab yang membahas isu pemecah belah yang merusak hubungan Lebanon dengan negara-negara Arab.

Postcomended   16 November dalam Sejarah: Operasi Karpet Ajaib Terbangkan Yahudi Pertama ke Israel

Dalam pernyataan yang disiarkan televisi itu, Hariri meminta semua warga Lebanon menghindari konflik regional. Konflik regional yang dimaksud Hariri tampaknya mengacu pada milisi bersenjata sekutu Iran, Hizbullah, yang terlibat dalam sejumlah konflik regional seperti di Yaman dan Suriah sehingga sempat membuat Arab Saudi geram.

Sebelumnya dalam pernyataan pengunduran dirinya di Riyadh, Hariri mengatakan bahwa semua kelompok bersenjata di Lebanon harus mundur dari konflik-konflik tersebut, kemudian diembel-embeli kalimat “jika tidak ingin mendapat sanksi pengucilan seperti yang dialami Qatar”

Tak heran jika para politikus senior di Lebanon menduga pengunduran diri itu merupakan paksaan dari Riyadh. Hariri bahkan diduga sempat ditahan di Arab Saudi.

Postcomended   Dr Zakir Naik Kehilangan Kewarganegaraan dalam Pelariannya

Saat menyatakan mengundurkan diri, Hariri yang lebih dekat kepada Arab Saudi, merasa khawatir atas ancaman pembunuhan terhadapnya, sembari mengecam Iran dan Hizbullah karena dianggap telah menyebabkan banyak konflik di dunia Arab.***

Share the knowledge