Amazon.com: The Remains of the Day (Special Edition): Anthony ... Amazon.com350 × 500Search by image Amazon.com: The Remains of the Day (Special Edition): Anthony Hopkins, Emma Thompson, Christopher Reeve, Hugh Grant, Lena Headey, Patrick Godfrey, ...

Amazon.com: The Remains of the Day (Special Edition): Anthony … Amazon.com350 × 500Search by image Amazon.com: The Remains of the Day (Special Edition): Anthony Hopkins, Emma Thompson, Christopher Reeve, Hugh Grant, Lena Headey, Patrick Godfrey, …

Penulis Inggris, Kazuo Ishiguro (62) berhasil memenangkan Hadiah Nobel Sastra 2017 yang diumumkan Kamis (5/10/2017). Ishiguro dikenal dengan novel yang diadaptasi ke dalam film yang dibintangi Anthony Hopkins dengan judul sama, “The Remains of the Day”. Dia merasa tercerabut secara emosional dari akar negara asalnya, Jepang, yang meninggalkan jejak tak ada habisnya dalam karyanya. Namun sisi emosional inilah yang memperkaya karya-karyanya. Tahun lalu, Nobel Sastra diberikan kepada Bob Dylan, yang sempat memicu kontroversi.

“Dengan kekuatan emosional yang hebat, novel-novelnya telah membuka jurang di bawah pemahaman ilusi kita tentang hubungan dengan dunia,” tulis panitia Nobel dari Akademi Swedia.

Kepada BBC Ishiguro mengatakan dia sangat tersanjung atas penghargaan ini. “Ini adalah kehormatan yang luar biasa, karena berarti saya mengikuti jejak penulis terbesar yang pernah hidup. Jadi (penghargaan) ini adalah pujian yang luar biasa,” ujarnya.

Postcomended   12 Agustus 2017, Puncak Kedatangan Tamu Antariksa Tahunan

Ishiguro mengatakan bahwa dia sedang menulis sebuah email di mejanya saat dia menerima berita yang menurutnya tak terduga ini. “Saya pikir ini adalah hoax, di tengah banyaknya berita bohong. Saya masih tidak percaya untuk waktu lama,” katanya kepada wartawan. Ishiguro telah menulis delapan buku sekaligus naskah untuk film dan televisi.

Pada 1989 ia memenangkan Man Booker Prize untuk “The Remains of the Day” yang diterbitkan pada tahun yang sama. Lalu pada 1995 ia dianugerahi Order of the British Empire untuk jasanya dalam bidang literatur.

“Pemenang tahun ini adalah seorang novelis yang brilian dan bahkan sangat indah,” kata Sara Danius, sekretaris tetap Akademi Swedia, kepada kantor berita TT setelah pengumuman tersebut. Sara menyebut “The Remains of the Day” adalah sebuah “mahakarya”, dan menggambarkan sang pengarang sebagai “penulis berintegritas besar” yang mengembangkan “alam estetika” miliknya sendiri.

Postcomended   Arab Saudi Diduga Keras Tahan Ulama hingga Presenter TV

Lahir di Nagasaki pada 1954, sembilan tahun setelah AS menjatuhkan bom nuklir ke kota tersebut, Ishiguro pindah ke Inggris bersama keluarganya saat dia berusia lima tahun. Dia baru kembali mengunjungi Jepang sebagai orang dewasa sekitar tiga dekade kemudian.

Ishiguro mengenang saat masih anak-anak dia diambil dari orang-orang yang dia kenal, seperti kakek dan nenek saya. “Saya tidak bisa melupakan Jepang karenanya saya harus mempersiapkan diri untuk kembali ke sana. Jadi, saya tumbuh dengan citra yang sangat kuat di kepala negara lain ini, sebuah negara lain yang sangat penting dimana saya memiliki ikatan emosional yang kuat,” ujarnya.

Dua novel pertamanya, “A Pale View of Hills” dari tahun 1982 dan “An Artist of the Floating World” dari tahun 1986, mengambil seting Nagasaki beberapa tahun setelah Perang Dunia II. Sementara novel “The Remains of the Day” diadaptasi menjadi film pada 1993 yang dibintangi Anthony Hopkins dan Emma Thompson. Film yang dinominasikan untuk delapan Oscar ini mengisahkan kehidupan pelacur Inggris yang sangat pemalu.

Postcomended   Indra Piliang Nyabu Buat Meresapi Rasanya Jadi Pemakai

 

Tahun lalu, panitia Nobel mengejutkan dunia dengan memberikan penghargaan bergengsi kepada legenda rock Amerika Serikat dan ikon budaya kontra, Bob Dylan (alm). Nobel memberi hadiah bagi pemenangnya sebesar sembilan juta kronor, atau sekitar 1,1 juta dolar AS.(***/AFP)