Hasil Audit Cadangan Minyak Saudi Aramco Ekbis - SINDOnews620 × 413Search by image Menanti Hasil Audit Cadangan Minyak Saudi Aramco

Hasil Audit Cadangan Minyak Saudi Aramco Ekbis – SINDOnews620 × 413Search by image Menanti Hasil Audit Cadangan Minyak Saudi Aramco

Sepulang dari kunjungannya ke berbagai negara termasuk Indonesia dan Cina belum lama ini, Arab Saudi semakin moderat. Melalui kantor berita Saudi Press Agency, awal pekan ini Arab Saudi mengumumkan keputusan bersejarah: perempuan boleh menyetir. Seorang anggota keluarga kerajaan berpendapat, ini langkah penting untuk meningkatkan ekonomi dan pembangunan. Seperti diketahui, sejak minyak makin menipis, Saudi menerapkan rencana reformasi bertajuk Visi 2030, dan mulai mengendorkan sejumlah norma.

Pangeran Faisal bin Khalid Abdulaziz, Gubernur Wilayah Asir yang juga salah satu anggota keluarga kerajaan mengatakan, keputusan bersejarah ini memungkinkan wanita bisa menyetir untuk pertama kali sejak Kerajaan Arab Saudi berdiri pada 1932.

“Ini adalah langkah penting untuk meningkatkan ekonomi dan pembangunan,” ujar Pangeran Faisal seperti dilansir Saudi Press Agency, Rabu (27/9/2017).

Keputusan yang ditandatangani langsung oleh Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud ini menyatakan bahwa perempuan akan diizinkan  menyetir “sesuai dengan hukum Islam”. Satu komite tingkat tinggi menteri telah dibentuk untuk mengkaji pelaksanaan perintah Raja Salman tersebut.

Perang Harga Minyak: Kekalahan Amerika dan Kemenangan OPEC ... Katadata914 × 631Search by image Kebijakan mempertahankan produksi minyak itu bukannya tanpa pengorbanan. Dalam setahun terakhir, cadangan devisa Arab Saudi berkurang hampir 11 persen ...

Perang Harga Minyak: Kekalahan Amerika dan Kemenangan OPEC … Katadata914 × 631Search by image Kebijakan mempertahankan produksi minyak itu bukannya tanpa pengorbanan. Dalam setahun terakhir, cadangan devisa Arab Saudi berkurang hampir 11 persen …

Tak hanya itu, wanita juga akan diizinkan masuk ke stadion olahraga; yang sebelumnya merupakan arena khusus laki-laki, misalnya untuk menonton konser musik. Para analis menyebut ini merupakan langkah yang sejalan dengan “Visi 2030” yang berisi rencana reformasi sosial dan ekonomi di saat kerajaan mempersiapkan era pasca-minyak.

Postcomended   Arab Saudi Diduga Keras Tahan Ulama hingga Presenter TV

Meskipun para analis juga melihat bahwa keputusan Raja Salman ini mendapat serangan balik dari kalangan konservatif religius.

Arab Saudi adalah satu-satunya negara di dunia yang tidak mengizinkan perempuan mengemudi. Namun seiring perkembangan dunia, beberapa aktivis perempuan berani menentang larangan ini yang dalam sejumlah kasus menyebabkan mereka ditangkap polisi kerajaan dan mobilnya disita.

Postcomended   Lupakan Keinginan Berfoto dengan Onta Jika Tak Mau Tertular MERS-CoV

Salah seorang pangeran Saudi yang aktif memperjuangkan hak wanita utuk menyetir adalah Pangeran Alwaleed bin Talal. Tahun lalu, anggota kerajaan yang cukup berpengaruh ini mengatakan, “Mencegah wanita mengendarai mobil saat ini merupakan isu hak asasi yang serupa dengan melarang wanita menerima pendidikan atau memiliki identitas independen,” kata Alwaleed, seperti dilansir Al-Jazeera.

Bisakah Indonesia Berpaling dari Candu Minyak Bumi? oleh ... Kompasiana.com700 × 400Search by image Negara Arab mulai mengembangkan situs Padang Pasirnya untuk pengembangan Energi Matahari. Sumber gambar: www

Bisakah Indonesia Berpaling dari Candu Minyak Bumi? oleh … Kompasiana.com700 × 400Search by image Negara Arab mulai mengembangkan situs Padang Pasirnya untuk pengembangan Energi Matahari. Sumber gambar: www

Aturan ini kata Alwaleed, merupakan tindakan tidak adil masyarakat tradisionalyang bahkan jauh lebih ketat daripada yang diizinkan secara hukum oleh ajaran agama itu sendiri.

Putra ke-20 mendiang Raja Abdulaziz ini juga merinci “biaya ekonomi” perempuan yang harus mengandalkan supir pribadi atau taksi yang biasanya dilakoni oleh supir berkebangsaan asing, yang bisa menyedot habis miliaran dolar ekonomi Saudi.

Sikap Alwaleed ini tak mengherankan. Salah seorang anggota kerajaan Saudi terkaya ini boleh jadi pemikirannya lebih barat daripada orang barat. Dia tidak ambil pusing ketika istrinya (sekarang sudah mantan) Ameerah al-Taweel berpakaian ala ningrat-ningrat Inggris.

Postcomended   Akhir 2017 Jamaah Haji Bisa Naik Kereta Peluru Haramain

Karakter Alwaleed tampaknya tak lepas dari kebiasaannya hidup merantau di Amerika Serikat. Dari sana juga dia meraih kesarjanaannya yakni dari Menlo College, California dan Universitas Syracuse.

Meskipun reformasi pemerintah yang ambisius ditujukan untuk meningkatkan lapangan kerja bagi perempuan, namun Arab Saudi masih menjadi negara yang memiliki beberapa pembatasan paling ketat di dunia terhadap perempuan.

Di bawah sistem perwalian negara, anggota keluarga laki-laki –biasanya ayah, suami, atau saudara laki-laki– harus memberikan izin untuk wanita yang ingin sekolah, melakukan perjalanan, dan kegiatan lainnya. Namun dengan keinginan mencapai target “Visi 2030”, Arab Saudi nampaknya kini berupaya lebih santai dengan melonggarkan sejumlah norma.***

Kemana

Kemana “lari”nya minyak bumi ini ? – Dongeng Geologi Dongeng Geologi965 × 591Search by image world-resources-bp2005.png …