Mitsubishi A6M zero, Pesawat Jepang yang pernah berjaya di masanya

Mitsubishi A6M zero, Pesawat Jepang yang pernah berjaya di masanya

Opini
Share the knowledge

Mitsubishi A6M Zero adalah pesawat tempur jarak jauh yang dioperasikan Angkatan Laut Kekaisaran Jepang dari tahun 1940 hingga 1945. Sekutu menyebutnya “Zero” sejak Angkatan Laut Kekaisaran Jepang mulai memakai pesawat ini pada tahun 1940. Nama Jepang untuk pesawat ini adalah Rei-shiki kanjō sentōki (零式艦上戦闘機 Pesawat Tempur Kapal Induk Tipe 0). Kode resmi Sekutu adalah Zeke.

es The Attack On Pearl Harbor - Lessons - Tes Teach Images may be subject to copyright. Learn More Related images
es The Attack On Pearl Harbor – Lessons – Tes Teach Images may be subject to copyright. Learn More Related images

Huruf A pada designasi resmi untuk pesawat ini, A6M berarti pesawat tempur berbasis kapal induk. Angka 6 berarti model ke-6 yang dibangun untuk Angkatan Laut Kekaisaran, dan M untuk inisial pabrik pesawat ini, Mitsubishi.

Ketika baru mulai dioperasikan pada Perang Dunia II, Zero dianggap pesawat terbang berbasis kapal induk paling mumpuni di dunia, berkat daya manuver yang sangat baik dan jangkauan terbang yang sangat jauh, sehingga dapat mengungguli semua pesawat tempur Sekutu dari zamannya.

Pesawat A6M Zero mulai menjalani penerbangan perdana pada 1 April 1939 dan resmi masuk dinas tanggal 1 Juli 1940. Pesawat berawak tunggal ini memiliki panjang badan 9, 06 m, rentang sayap 12 m, dan tinggi 3,05 m.
A6M Zero ditenagai sebuah mesin piston radial Nakajima NK1C Sakae-12 14 silinder berdaya 950 hp. Pesawat ini memiliki kecepatan terbang maksimum 533 km/jam dan ketinggian terbang maksimum 10.000 m. Radius tempurnya pada kisaran 1.870 km atau terbang feri sejauh 3.102 km.

Postcomended   Nonton Konser Musik Dua Minggu Sekali, Harapan Hidup Bertambah 9 Tahun

Pada saat dilancarkannya Serangan Pearl Harbor sejumlah 420 pesawat Zero aktif beroperasi di Pasifik. Model 21 basis kapal induk adalah tipe Zero yang dipakai menghadapi pesawat Amerika Serikat. Pesawat ini dapat menjangkau sasaran-sasaran yang jauh dari kapal induk, lebih jauh dari kemampuan yang diharapkan sebelumnya.

Meski Mitsubishi A6M sudah ketinggalan zaman pada tahun 1944, Jepang tidak pernah sepenuhnya mengganti pesawat ini dengan tipe pesawat lebih baru. Pada tahun-tahun terakhir Perang Pasifik, Zero dipakai dalam operasi-operasi kamikaze. Semasa Perang Dunia II berlangsung, Jepang memproduksi lebih banyak pesawat Zero dibandingkan produksi pesawat jenis lainnya. Total produksi A6M kira-kira 10.449 buah pesawat (3.879 oleh Mitsubishi dan 6.570 oleh Nakajima)

Postcomended   Trump Dobrak Tradisi Iftar Tiga Presiden

Setelah Lockheed P-38 Lightning, Grumman F6F Hellcat, dan Vought F4U Corsair yang lebih bertenaga tampil di medan perang Pasifik, pesawat Zero yang memakai mesin bertenaga rendah, dipaksa keras untuk mampu bersaing.

#internet, #indonesia, #surabaya, #indihome, #sensasi, #extra, #instagram, #promo, #value, #paket, #premium, #dapatkan, #performance, #instagramers, #instaart, #wifi, #artsy, #artist, #art, #streetart, #movie, #instagram_kids, #homesweethome, #arts, #artgallery, #sport, #instagrammer, #film, #artwork, #artistsoninstagram, #mitsubishi, #indonesia, #toyota, #jakarta, #mazda, #suzuki, #daihatsu, #racing, #honda, #ford, #drift, #xpander, #pajerosport, #offroad, #toyotahilux, #saudiarabia, #gearbox, #differential, #toyotafortuner, #onderdilmurah, #gardan, #africa, #southamerica, #landrover, #exsingaporespareparts, #paintprotection, #mercedesbenz, #bmwindonesia, #pajero, #coating,


Share the knowledge

Leave a Reply