Internasional

Mobil Belanjaan Swakemudi Ini Dirancang Memilih Tabrak Pohon #SURUHGOOGLEAJA

Nuro (sumber foto: The Verge)

Pencapaian teknologi kendaraan swakemudi atau otonomos di negara maju mulai mencapai tahap baru lainnya; meskipun tahap sebelumnya juga belum sesempurna yang diharapkan. Perusahaan bernama Nuro telah menciptakan “bot kecil” yang dapat menyetir sendiri dengan membawa telur, kertas toilet, hotdog, dll, ke rumah-rumah. Dilansir laman Popular Science, program yang masih percontohan ini bekerjasama dengan rantai kelontong Kroger, yang dijadwalkan mulai diujicoba pada musim gugur 2018; namun lokasi proyek percobaan ini belum diumumkan.

Dalam hal ukuran, mobil Nuro “sangat mirip dengan seorang pria besar mengendara sepeda motor,” kata co-founder Nuro, Dave Ferguson, yang sebelumnya bekerja di proyek mobil swakemudi Google, Waymo.

Kendaraan ini tingginya sekitar 6 kaki (sekitar 2 meter), panjang 8 kaki (2,5 meter), dan lebar 3,6 kaki (1 meter); sekitar setengah lebar Toyota Corolla. Ferguson mengatakan, mobil ini bertenaga listrik, dengan sistem baterai yang dirancang untuk bertahan sepanjang hari tanpa mengisi ulang. Beratnya sekitar 1.500 pon (sekitar 700 kg)

Postcomended   Giliran Mobil Cina Serbu Indonesia

Kecepatannya dirancang mencapai 25 mil (30 km) per jam. Generasi pertama memiliki dua kompartemen utama yang masing-masing dapat menampung enam tas belanjaan. Generasi mendatang dirancang untuk lebih cepat dan lebih banyak memuat kantong belanjaan.

Seperti kendaraan self-driving lainnya, Nuro membutuhkan sistem persepsi untuk melihat dunia. Sebuah unit laser berputar di bagian atas, yang disebut LIDAR, menggunakan cahaya untuk mengukur jarak dari kendaraan ke benda-benda di sekitarnya.

Kamera dan unit radar juga memiliki pandangan 360 derajat di sekitar Nuro yang dapat mengukur kecepatan benda bergerak di dekatnya. Teknologi ini memiliki akses ke data peta untuk mengetahui posisinya, serta GPS.

Postcomended   Baru Beberapa Jam Dirilis, iOS 12 Sudah Di-jailbreak #FacebookDown

Karena GPS tidak sepenuhnya akurat, bagian ini juga dilengkapi sensor mobil. “Ini dapat secara efektif membandingkan apa yang dilihatnya dengan apa yang diharapkan dalam peta, dan ini dapat digunakan kendaraan untuk memperbaiki posisinya,” kata Ferguson.

Mengenai keamanannya bagi pedestrian, Ferguson mengatakan, Nuro dirancang untuk mengorbankan dirinya sendiri ketimbang menabrak manusia, misanya dengan menabrakan diri ke pohon atau bahkan mobil yang terparkir. “Kami telah merancang seluruh bagian depan kendaraan untuk roboh,” ujar Ferguson.

Perusahaan transportasi online seperti Uber dan Lyft juga sedang menjajaki teknologi mobil swakemudi karena dapat menghemat biaya; perusahaan tidak perlu menggaji sopir.***

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top