Cegah penyakit ini! Saat puasa di Bulan Ramadhan | Arwini.com Arwini.com Cegah penyakit ini! Saat puasa di Bulan Ramadhan

Cegah penyakit ini! Saat puasa di Bulan Ramadhan | Arwini.com Arwini.com Cegah penyakit ini! Saat puasa di Bulan Ramadhan

Banyak orang yang mengeluhkan permasalahan bau mulut yang kurang sedap ketika berpuasa. Memang yang demikian ini adalah hal wajar yang sudah sepantasnya terjadi pada mereka yang sedang menjalankan puasa.

Menurut Prof. Heriandi Sutadi, drg, SpKgA, disebutkan bahwa bau mulut saat puasa disebabkan oleh beberapa faktor yang mencangkup adanya kondisi kurang sehat pada gigi, lidah, munculnya sariawan hingga adanya infeksi pada jaringan lemak. Faktor lain yang juga berpengaruh adalah adanya sinus pada hidung dan juga adanya perbedaan kondisi di bawah mulut ataupun juga pada saluran pencernaan termasuk di dalamnya dehidrasi.

Dengan adanya kejadian bau mulut saat puasa ini sudah pasti anda harus mencegahnya demi memberikan penampilan yang maksimal di depan public. Untuk itu, pastikan anda selalu menggosok gigi dengan rutin. Diungkapkan oleh Nada Ismah yang merupakan Dosen Fakultas Kedokteran Gigi di Universitas Indonesia bahwa kaitannya dengan rutinitas sikat gigi orang yang berpuasa seharusnya tetap dijaga, yaitu dua kali dalam sehari pada saat setelah sahur ataupun sebelum tidur.

Postcomended   10 Ikan Hias Air Tawar Termahal di Dunia, Berminat Memelihara?

Tindakan menyikat gigi setelah sahur, selain mencegah bau mulut saat puasa, hal ini juga akan membantu dalam menghilangkan sisa makanan yang mungkin terselip pada sisi gigi. Adanya makanan yang terselip di antara gigi ini menyebabkan pembusukan pada jangka panjang serta bau mulut untuk jangka pendek. Tidak hanya itu saja, bahwa dengan memastikan bahwa gigi bebas dari sisa makanan, maka anda akan jauh dari rasa khawatir atas penurunan saliva di saat tidur.

Saliva itu sendiri dalam dunia kedokteran didefinisikan sebagai cairan oral kompleks yang berasal dari sekresi kelenjar ludah kecil serta besar pada mukosa oral. Bagi orang yang mampu memproduksi saliva dalam jumlah banyak, maka dia memiliki peluang rendah atas gigi berlubang. Dengan rendahnya jumlah lubang pada gigi pula juga akan membantu dalam mengurangi permasalahan bau mulut saat puasa sebab makanan yang terselip pada lubang gigi juga menjadi pemicu bau mulut.
Oleh sebab itu, selain mengetahui pentingnya cara mengatasi bau mulut saat puasa, anda juga sangat disarankan untuk selalu memeriksakan kesehatan gigi ketika akan memasuki bulan puasa. Tindakan ini dilakukan demi mengetahui seberapa sehatkah gigi anda selama ini. Selain itu, hal ini juga akan akan membantu anda dalam mencegah permasalahan yang terkait dengan peradangan, karang gigi hingga gusi yang membengkak.

Cara lain yang perlu dilakukan dalam meminimalisir bau mulut saat puasa adalah dengan menjaga agar jumlah cairan dalam tubuh tetap seimbang. selain itu, pastikan anda selalu berkumur dengan menggunakan obat kumur dengan tetap memperhatikan kandungan yang terdapat di dalam obat kumur.

Postcomended   Ulama Pakistan Haramkan Bom Bunuh Diri: Fatwa Serupa Gagal Diterapkan di Timur Tengah

Jangan sampai memilih obat kumur yang memiliki kandungan alkohol, sebab hal ini adalah pemicu mulut anda menjadi terkesan kering. Dengan menjalani beberapa tips di atas, anda akan terbebas dari permasalahan bau mulut di saat puasa.

Share the knowledge