Narkoba jenis flakka atau Zombie sudah masuk Indonesia - YouTube YouTube1280 × 720Search by image Narkoba jenis flakka atau Zombie sudah masuk Indonesia

Narkoba jenis flakka atau Zombie sudah masuk Indonesia – YouTube YouTube1280 × 720Search by image Narkoba jenis flakka atau Zombie sudah masuk Indonesia

Pahamilah bahwa sejak awal 2017, media sosial diramaikan postingan video yang memperlihatkan sejumlah orang bertingkah laku mirip zombie. Beberapa bahkan menyerang orang lain di tempat umum. Teks yang menyertai video tersebut menyebutkan bahwa orang-orang itu pengguna narkoba jenis baru bernama flakka. Namun banyak netizen yang ragu, apakah video tersebut benar atau cuma hoax.

Jumat, 21 Juli 2017, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso, atau sering disapa Buwas, menjawab keraguan tersebut. Buwas menyatakan, narkoba jenis baru, Flakka, ternyata peredarannya sudah masuk Indonesia.

“Kemarin laboratorium kami mengecek sebuah paket sitaan narkoba, ternyata itu Flakka,” ujar Buwas di Yogyakarta, Jumat (21/7/2017).

 

Masuknya Flakka ke Indonesia kata Buwas, gagal terdeteksi antara lain karena sebagai negara kepulauan, pintu masuk Indonesia sangat banyak.

Buwas mengatakan, masukknya Flakka makin mempersuram kasus peredaran narkoba di Indonesia. Pekan kemarin kepolisian memang berhasil menggagalkan penyelundupan satu ton sabu. Namun kata Buwas, narkoba yang lolos ke masyarakat terhitung lebih banyak.

Postcomended   Cacing Benang Ditemukan di Lima Produk Mackerel Kaleng Lokal

Kabid Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto, saat dihubungi detikcom, Jumat (21/7/2017) malam, mengatakan, “Kalau Pak Buwas yang ngomong, berarti betul. Cuma kita kan Direktorat Narkoba juga melacak, tapi belum dapat di mana. Nanti kita cek lagi,” kata Setyo.

Video-video yang diduga tentang korban flakka memperlihatkan, seorang pria berlari bugil di jalanan Florida, AS, mencoba berhubungan seks dengan pohon dan mengaku kepada polisi bahwa ia Dewa Thor.

Seorang pria lain telanjang di jalanan sibuk. Dia merasa dikejar seekor anjing Jerman shepherds. Dua orang diadili di tempat terpisah karena menerobos masuk kantor Kepolisian Fort Lauderdale. Alasannya, mereka merasa dikejar-kejar sekelompok orang.

Dikutip dari New York Post, flakka menurut polisi, bahkan lebih mudah didapatkan dalam jumlah kecil dibanding dengan narkoba sintetis lain seperti ekstasi.

Bahan aktif flakka adalah senyawa kimia yang disebut alpha-PVP. Menurut daftar Badan Obat-obatan AS (FDA), zat ini paling mungkin disalahgunakan. Zat ini biasanya dibuat di luar Ametrika Serikat seperti Cina dan Pakistan.

Postcomended   Bangkrut, Devisa Melemah, Perekonomian Memburuk Karena Teroris

Flakka adalah turunan dari kata dalam bahasa Spanyol yang berarti “wanita langsing dan cantik”. Biasanya dijual dalam bentuk kristal dan sering digunakan pada rokok elektronik yang kini populer di kalangan muda.

Don Maines, konselor terapi obat di kantor polisi Fort Lauderdale mengatakan, seorang pecandu menggambarkannya sebagai “kegilaan lima dolar”, untuk menggambarkan hargany yang murah.

Menurut Maines, dengan penggunaan flakka selama tiga hari saja, perubahan perilaku pengguna bisa parah.

“Mereka tidak memiliki kontrol atas pikiran mereka. Mereka tidak bisa mengontrol tindakan mereka. Namun umumnya mereka pikir seseorang mengejar mereka. (Obat) ini sangat berbahaya,”;ujar Maines.

Di Palm Beach County Januari lalu, tim SWAT harus membujuk Leroy Strothers (33) yang naik ke atap sambil melepaskan tembakan. Dia berpikir sedang diikuti geng Haiti yang mengancam keluarganya.

Postcomended   Alibaba Bikin Guru Bahasa Inggris ini Jadi Miliarder E-Commerce

Strothers, yang kemudian didakwa atas kepemilikan senjata api, mengaku telah merokok flakka sebelumnya dan tidak ingat bagaimana ia bisa sampai di atap. “Saya merasa delusif dan berhalusinasi,” kata Strothers, menurut laporan sheriff.

Menghadapi wabah flakka, penegak hukum Florida mengaku telah melatih polisi untuk lebih mengenali flakka dan gejala yang ditimbulkannya. ***(ra)ⁿ000

 

Share the knowledge