Internasional

NASA Bersiap untuk Kunjungan Asteroid Apokaliptik pada 2027

Share the knowledge

NASA bersiap untuk suatu tumbukan asteroid raksasa ke Bumi (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=Or0S9R0wrLk)

NASA bersiap untuk suatu tumbukan asteroid raksasa ke Bumi (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=Or0S9R0wrLk)

Setiap hari planet kita dihantam ratusan ton material ruang angkasa, namun sekali setiap beberapa juta tahun ada satu objek cukup besar yang dapat mengancam Bumi. NASA kini sedang merancang skenario untuk mengantisipasi kunjungan asteroid apokaliptik itu.

Dalam upaya untuk menemukan asteroid yang berada di jalur tabrakan potensial dengan Bumi itu, badan antariksa Amerika Serikat (AS) tersebut telah memindai langit selama dua dekad, The Express melaporkan. Setiap roket ruang angkasa yang mengorbit Matahari yang berjarak 30 juta mil (50m km) dari orbit Bumi diklasifikasikan sebagai Objek Dekat-Bumi (NEOs).

Bahaya asteroid menjadi lebih nyata terutama sejak ledakan meteorit Chelyabinsk pada 2013. Bola api ini yang meledak di atas Siberia adalah serangan asteroid terburuk sejak peristiwa Tunguska pada 1908 yang terkenal.

Postcomended   Roket Riset Jepang Mendarat Mulus di Asteroid Terpencil, Gitaris Queen Mengapresiasi

Lebih dari 1.600 orang terluka oleh gelombang kejut yang ditimbulkan ledakan Chelyabinsk pada 2013 itu, yang memiliki 20 kali kekuatan bom nuklir Hiroshima. Untuk menghadapi dampak selanjutnya, NASA akan membahasnya pada Konferensi Pertahanan Planetary perdana.

Simulasi yang digelar akan memainkan skenario realistis untuk asteroid pada lintasan dampak apokaliptik dengan Bumi. Skenario Pusat Jet Propulsion Laboratorium NASA untuk Studi NEO (CNEOS) dimulai dengan premis bahwa para astronom menemukan asteroid yang mereka anggap berpotensi berbahaya bagi Bumi.

Setelah pelacakan selama berbulan-bulan, pengamat memperkirakan bahwa NEO ini akan lewat dalam 0,05 unit astronomi (AU) Bumi. Satu AU adalah jarak antara Bumi dan matahari dan setara dengan 150.000.000 km.

Dalam simulasi, NASA mengklaim asteroid itu memiliki peluang 1 berbanding 100 utnuk bertabrakan dengan Bumi dan mungkin akan mendarat pada 2027. Pertama kali terdeteksi, asteroid maut itu masih terletak 35 juta mil (57 juta km) dari Bumi, namun sekarang mendekati 31.000 mph (14 km per detik).

Postcomended   Ozzy Osbourne Ungkap Lagu-lagu dari Album Solonya yang Paling Disukainya

Dalam beberapa minggu pengamatan, para astronom melihat semakin besar kemungkinan asteroid itu akan berdampak pada Bumi pada tahun 2027, tetapi rincian bentuk, ukuran dan komposisi asteroid-nya masih misterius.

Yang diketahui hanyalah ukuran rata-rata asteroid tersebut, yang bisa berkisar antara 100 meter hingga 300 meter. Ilmuwan NASA akan membahas bahaya yang ditimbulkan oleh NEO dan tindakan yang mungkin diambil untuk melindungi planet ini.

Lindley Johnson, Perwira Pertahanan Planet NASA, mengatakan: simulasi-simulasi ini benar-benar membantu pihaknya dalam komunitas pertahanan planet untuk memahami apa yang perlu diketahui oleh rekan-rekan kami dalam hal manajemen bencana.

“Latihan ini akan membantu kita mengembangkan komunikasi yang lebih efektif satu sama lain dan dengan pemerintah kita,” kata Johnson.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top