Loading...
Internasional

Negara-negara Maju G7 Kucurkan Rp 300 M Lebih untuk Padamkan Kebakaran Amazon

Share the knowledge

Kebakaran hutan Amazon (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=MSL4fr6mOh4)

Kebakaran hutan Amazon (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=MSL4fr6mOh4)

Hutan hujan Amazon begitu penting bagi negara-negara maju yang telah kehilangan hutannya sendiri. Melalui KTT G7, mereka sigap mengucurkan lebih dari Rp 300 miliar untuk memadamkan kebakaran Amazon. Dana ini sebagian besar untuk mengirim pesawat pemadam kebakaran.

G7 telah setuju untuk menggelontorkan 20 juta euro (sekitar 22 juta dollar AS/Rp 310 miliar) di Amazon, terutama untuk mengirim pesawat pemadam kebakaran untuk mengatasi nyala api besar yang melanda banyak bagian hutan hujan terbesar di dunia ini, presiden Perancis dan Chili mengumumkan Senin (26/8/2019).

Klub G7 yang terdiri dari Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Amerika Serikatm (AS) ini, juga telah sepakat mendukung rencana reboisasi jangka menengah yang akan diluncurkan di PBB pada September, Emmanuel Macron, Presiden Prancis; dan Sebastian Chili Pinera, mengatakan pada KTT G7 di Prancis.

Postcomended   Produsen Mobil Cina Geely Akuisisi Start-up Mobil Terbang Amerika Terrafugia

Brasil harus menyetujui rencana reboisasi, seperti halnya masyarakat adat yang tinggal di Amazon. Inisiatif ini diumumkan setelah pertemuan para pemimpin G7 di resor Biarritz, Prancis; mengadakan pembicaraan tentang lingkungan, dengan fokus pada catatan jumlah kebakaran yang menghancurkan potongan-potongan Amazon.

Macron telah menyatakan situasi di kawasan Amazon sebagai “krisis internasional” dan menjadikannya salah satu prioritas KTT. Dia mengancam akan memblokir kesepakatan dagang besar antara Uni Eropa (UE) dan Amerika Latin kecuali Presiden Brasil, Jair Bolsonaro –yang skeptis terhadap perubahan iklim– mengambil langkah serius untuk melindungi hutan dari penebangan dan pertambangan.

Hampir 80.000 kebakaran hutan telah terdeteksi di Brasil sejak awal tahun ini, sedikit lebih dari setengahnya di lembah Amazon yang luas. Bolsonaro telah mengecam Macron atas kritiknya dan menyebutkan bahwa LSM dapat “mengatur api” untuk mempermalukannya, tanpa memberikan bukti untuk mendukung klaim tersebut.

Postcomended   Siswa SMA Amerika Bagi-bagikan Kue yang Diduga Mengandung Abu Neneknya

Tetapi pada akhir pekan dia akhirnya menyerah pada tekanan internasional untuk menyelamatkan suatu wilayah yang penting untuk menjaga iklim global agar stabil. Bolsonaro mengerahkan dua pesawat untuk memadamkan api dan memberi wewenang kepada tentara untuk membantu mengatasi kebakaran.

Berbicara di Biarritz, Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengatakan, penanaman baru diperlukan “untuk melestarikan warisan universal ini, yang mutlak penting untuk kesejahteraan populasi dunia.” Dia mengatakan bahwa masalah ini akan dibahas selama Sidang Umum PBB di New York pada bulan September.***

Postcomended   Timbang Berat Badan Setiap Hari, Cukup untuk Cegah Kenaikan BB Selama Liburan
Loading...


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Loading...
To Top