Internasional

Netflix Turuti Arab Saudi Menyensor Acara Seorang Komedian Muslim

Share the knowledge

 

Hasan Minhaj (gambar dari: https://www.netflix.com/id-en/title/80134781)

Hasan Minhaj (gambar dari: netflix.com)

Keputusan Netflix menyensor satu episode dari serial yang menampilkan seorang komedian Muslim, telah memblok akses ke serial ini di Arab Saudi. Dalam episode tersebut, komedian ini, Hasan Minhaj, mengritik keluarga kerajaan Saudi atas pembunuhan Jamal Khashoggi.

Serial tersebut, “Patriot Act With Hasan Minhaj”, adalah serial komedi yang diproduksi Netflix yang menampilkan komentar-komentar komedian muda Muslim-Amerika tersebut tentang kabar-kabar dan isu terkini.

Laman Abqjournal dalam laporannya Senin (7/1/2018) menyebutkan, Arab Saudi telah mengutip undang-undang kejahatan dunia maya yang tidak jelas untuk menekan Netflix agar menarik episode tersebut.

Di antara topik yang dibahas dalam musim pertama pertunjukan ini pada musim gugur yang lalu adalah tindakan afirmatif raksasa peritel online Amazon, minyak, penegakan imigrasi, dan –dalam episode yang dirilis 28 Oktober– Arab Saudi.

Segmen ini dirilis di tengah skandal yang berkembang seputar nasib wartawan Washington Post, Jamal Khashoggi, yang dibunuh di dalam Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018.

Beberapa hari sebelum segmen itu muncul, Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman (MBS), berbicara di sebuah konferensi investasi di Riyadh yang diboikot secara luas karena hubungannya dengan pembunuhan brutal, mengatakan bahwa pembunuhan Khashoggi adalah “kejahatan keji yang tidak dapat dibenarkan”.

Postcomended   Boeing Diminta Trump Lakukan "Rebranding" 737 Max, Konsultan Tak Setuju

Keesokan harinya, jaksa penuntut umum Arab Saudi mengakui pembunuhan itu telah direncanakan, yang meningkatkan tekanan internasional pada Arab Saudi dan MBS. Kongres Amerika Serikat (AS) menuntut pemerintah Presiden Donald Trump menghentikan penjualan senjata ke negara kerajaan ini.

Badan intelijen AS, CIA, dilaporkan mengonfirmasi bahwa MBS secara pribadi memerintahkan pembunuhan.
Departemen Luar Negeri AS, dalam laporan tahunannya tahun 2017 tentang praktik hak asasi manusia di Arab Saudi, secara khusus mencatat bahwa Khashoggi pergi ke “pengasingan” dari negara asalnya, karena pada 2016 pihak berwenang Saudi konon melarangnya menulis, tampil di televisi, dan menghadiri konferensi sebagai hasil dari pernyataan yang dia buat yang ditafsirkan sebagai mengritik presiden AS –merujuk pada Donald Trump.

Apa yang Dicelotehkan Minhaj?

Sepanjang episode yang disensor itu, Minhaj mencatat hubungan dekat MBS dengan keluarga Trump, terutama dengan menantu laki-laki Trump, Jared Kushner.

Minhaj dalam episode tersebut berkata: “MBS dikejutkan oleh semua kemarahan atas pembunuhan sang jurnalis. Menurut The Wall Street Journal, dalam komunikasi telepon dengan Jared Kushner, MBS bertanya, “Ada apa dengan kemarahan itu?”, Dan terus terang, kebingungan MBS benar-benar dapat dimengerti. Dia telah bersama dengan sistem otokratis (bleep) seperti ini selama bertahun-tahun dengan hampir tidak ada pukulan balik dari komunitas internasional.”

Koran Financial Times meaporkan pada hari pertama 2019 lalu, bahwa Netflix menanggapi permintaan pemerintah Saudi dengan alasan isinya “diduga melanggar undang-undang anti kejahatan siber kerajaan”. Financial Times lalu mengutip undang-undang tersebut, yang melarang: “materi yang melanggar ketertiban umum”, nilai-nilai agama, moral publik, dan privasi melalui jaringan informasi atau komputer, dengan hukuman hingga lima tahun penjara dan denda 800.000 dollar AS.

Postcomended   Tiba di Inggris, Trump Balas Walikota London yang Mengejeknya "Fasis Abad ke-20"

Monolog komedi 25 menit Minhaj itu meliput berbagai kritik terhadap Arab Saudi, termasuk pembunuhan Khashoggi, penumpasan luas terhadap perbedaan pendapat internal di Arab Saudi, dan pembatasan hak-hak perempuan dan media arus utama, sertav pemboman Arab Saudi yang didukung AS terhadap Yaman dan krisis kemanusiaan yang diakibatkannya di sana.

Episode ini, walaupun sudah tidak tersedia di Netflix  Arab Saudi, namun masih dapat diakses di YouTube. Terkait hal ini, Minhaj bercuit di Twitter: “Jelas, cara terbaik untuk menghentikan orang menonton sesuatu adalah dengan melarangnya, menjadikannya tren online, dan kemudian meninggalkannya di YouTube.”

Dia juga menulis sambil menautkan ke Komite Penyelamatan Internasional, “Jangan lupa bahwa krisis kemanusiaan terbesar di dunia sedang terjadi di Yaman sekarang. Netflix harus malu dan membalikkan keputusannya. Menyensor komentar tentang kejahatan perang dan kelaparan massal, atas permintaan seorang diktator, bukan lelucon.”

Postcomended   Momen-momen Kocak Presiden AS yang Tertangkap Kamera

Netflix adalah layanan yang memungkinkan pengguna menonton tayangan kesukaan di mana pun, kapan pun, dan hampir lewat media pun: smartphone, smartTV, tablet, PC, atau laptop, yang terhubung dengan jaringan internet. Perusahaan teknologi ini didirikan sejak 1997 di California, AS, dan ini tersedia di 190 negara.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top