Sobat wisata ingin ikut festival unik? Yuk sobat wisata datang ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), 20 Februari – 6 Maret 2018. Nikmatilah Festival Pesona Bau Nyale (FPBN) 2018, di Pantai Sener, Kuta, Lombok.

Bau nyale adalah kegiatan tradisional Suku Sasak. Secara harfiah, bau nyale adalah kegiatan menangkap cacing laut. Namun, FPBN 2018 tidak hanya berisi kegiatan menangkap cacing laut.

Masyarakat Pulau Lombok mempercayai nyale, atau cacing laut, sebagai jelmaan Putri Mandalika yang cantik. Putri Mandalika menceburkan diri ke laut sebagai pilihan. Ia tidak ingin terjadi pertumpahan darah antara para pangeran di Lombok, yang memperebutkan dirinya.

Uniknya, Nyale hanya bisa ditangkap setiap bulan Februari tanggal 20. Atau dalam perhitungan tanggal Suku Sasak, disebut 20 bulan 10. Penetapan malam puncak festival ini tidak sembarangan. Malam puncak Festival Pesona Bau Nyale diputuskan berdasarkan sangkep warge oleh tokoh masyarakat, tokoh budayawan, tokoh adat dan sesepuh adat lainnya. Tahun ini, puncak pengambilan nyale jatuh pada 7 Maret 2018 dini hari.

Postcomended   Boeing 747 Bangkit dari Kematian

#PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #PesonaBauNyale2018
#VisitWonderfulIndonesia
#GenerasiPesonaIndonesia

Share the knowledge