Olahraga Tiga Kali Seminggu Dapat Menghemat Usia Mental 10 Tahun

Lifestyle
Share the knowledge

Satu penelitian menyebutkan, berolahraga moderat tiga kali seminggu plus makan sehat, dapat membalikkan usia penurunan mental hampir satu dekade. 

Ditemukan bahwa orang-orang tua yang berolahraga selama sekitar 100 menit seminggu, ditambah dengan diet tinggi dalam bentuk gandum, buah, dan sayuran, dinilai lebih baik dalam tes yang mengukur perencanaan dan keterampilan organisasi; hal yang dapat menurun tajam di usia yang lebih tua.

Studi ini melibatkan 160 orang yang tidak aktif dengan usia rata-rata 65 tahun yang tidak mengalami demensia tetapi memiliki masalah dengan pengambilan keputusan dan perencanaan.

Seperempat orang dari peserta penelitian melakukan 35 menit sesi berjalan, bersepeda, atau joging tiga kali seminggu selama enam bulan, sambil makan makanan yang sehat.

Orang-orang ini memulai tes dalam kondisi usia mental rata-rata 93 tahun, ditentukan oleh serangkaian tes kemampuan berpikir. Tetapi setelah enam bulan, usia mental mereka telah meningkat ke tingkat usia 84 tahun.

Postcomended   Indonesia Belajar Minum Kopi Tanpa Ampas (3)

Latihan dan pola makan yang sehat dianggap meningkatkan keterampilan berpikir dengan membantu jantung bekerja lebih baik, sehingga meningkatkan aliran darah ke otak.

Para peneliti di Duke University Medical Center di Amerika Serikat (AS) membagi 160 peserta menjadi empat kelompok. Kelompok yang satu hanya melakukan program latihan, yang lainnya melakukannya sembari berdiet sehat, sementara yang lainnya juga sambal melakukan diet atau menerima panggilan telepon mengenai nasihat kesehatan.

Postcomended   Jika Dipreteli, Cap Samsung Berserakan di Dalaman Produk Apple

Mereka yang diberikan hanya nasihat kesehatan, menurun enam bulan dalam tiga tes keterampilan berpikir. Semua kelompok lain membaik, terutama mereka yang berolahraga dan makan dengan baik.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Neurology dan diteruskan Daily Mail ini, menunjukkan periode perubahan gaya hidup yang relatif singkat dapat membuat perbedaan yang serius untuk masalah pemikiran yang berkaitan dengan usia.***

 


Share the knowledge

Leave a Reply