Buy me a coffeeBuy me a coffee
Internasional

Ombudsman Swedia Anggap Foto “Distracted Boyfriend” sebagai Pelanggaran #FacebookDown

Share the knowledge

Foto viral "Distracted Boy" karya Antonio Guillem, dikritik Ombudsman Swedia (sumber foto: exacr.com)

Foto viral “Distracted Boyfriend” karya Antonio Guillem ini, dikritik Ombudsman iklan Swedia (sumber foto: exacr.com)

Gambar atau foto di atas ini, bukan sekadar ilustrasi. Gambar yang viral digunakan di berbagai media sosial (medsos) sebagai bahan meme ataupun ilustrasi tentang “distracted boyfriend” (pacar yang terganggu) ini, telah dikritik pengamat standar iklan swedia sebagai “seksis” dan melanggar peraturan, terlebih ketika dipakai sebagai iklan lowongan pekerjaan. Padahal Dolly Parton saja memostingnya.

Laman Wikipedia menyebutkan, seksis terkait dengan diskriminasi dan/atau prasangka terhadap seseorang yang bergantung terhadap seks (jenis kelamin), tetapi juga dapat merujuk pada semua sistem diferensiasi pada jenis kelamin individu.

Foto yang telah dibagikan secara luas di internet ini, seperti dilaporkan CNN, menggambarkan seorang wanita sebagai “objek seks” dan stereotip pria yang melihat seorang wanita yang lewat, dan membuat kesal pacarnya. Standar iklan Swedia menganggap gambar ini melanggar peraturan tentang diskriminasi dalam iklan.

Postcomended   Indonesia Resmi Kuasai 51% Saham Freeport, dari Mana Uang untuk Membeli Saham Tersebut?

Foto yang dibuat pada 2015 ini viral di medsos terutama sejak 2017, menjadi salah satu meme online paling populer tahun ini dan bahkan digunakan oleh selebriti termasuk Dolly Parton.

Namun penggunaannya oleh penyedia internet di Swedia, Bahnhof, dalam iklan lowongan di Facebook dan Instagram, dilaporkan ke pengawas setelah menerima keluhan secara online.
Posting iklan tersebut menyarankan orang-orang akan tertarik pada Bahnhof, yaitu akan menyukai tempat kerja mereka saat ini.

“Komite menemukan bahwa wanita berbaju merah, yang menjadi fokus pada gambar, melalui reaksi apresiatif pria, disajikan sebagai objek seks,” kata ombudsman iklan Swedia, Reklamombudsmannen, dalam putusannya. Ia menambahkan bahwa penggambaran perempuan sebagai objek seks tersebut tidak “nyambung” dengan iklan.

Gambar itu juga –jika dianalogikan sebagai iklan pindah kerja– dianggap “merendahkan” pria, yang menunjukkan cara si pria berjalan dengan pacarnya yang berbalik demi melihat wanita lain, menyampaikan gambaran stereotip pria yang melihat perempuan sebagai dapat dipertukarkan dengan cara yang sama seperti perubahan tempat kerja.

Postcomended   29 Agustus dalam Sejarah: Badai Katrina Hancurkan New Orleans, Badai Termahal dalam Sejarah AS

Presiden komite Reklamombudsmannen dan tujuh anggota lainnya dengan suara bulat menyetujui keputusan tersebut, yang dibuat setelah 15 orang mengajukan keluhan atas gambar tersebut. Meskipun begitu, komite ini tidak dapat menjatuhkan sanksi atau memaksa perusahaan untuk menghapus posnya.

Salah seorang yang melaporkan gambar tersebut setelah posting itu diterbitkan pada bulan April, mengatakan, seperti dilansir outlet Expressen Swedia, “Kami wanita berhak untuk memiliki kehidupan yang baik, menguasai tubuh kami sendiri untuk tidak diganggu, dan dianggap orang yang sepenuhnya matang. Itu bukan efek dari gambar seperti itu.”

Postingan iklan Facebook Bahnhof tersebut telah menerima lebih dari 900 komentar dari orang-orang baik yang mengritik maupun membela iklan tersebut. Reaksi panas itu menyebabkan Bahnhof mereaksi. “Kami suka diskusi terbuka secara online,” tulis perusahaan itu, “Tapi tetap pada intinya! Serangan terhadap pribadi dan ancaman kematian bukan di sini tempatnya dan tidak membawa apa-apa.”

Postcomended   Instagram Bakal Gunakan AI untuk Deteksi Penindasan di Foto dan Kepsyen #FacebookDown

Foto asli, yang menjadi bahan meme itu diambil oleh fotografer Spanyol, Antonio Guillem. Judul lengkapnya adalah “Pria yang tidak setia berjalan dengan pacarnya dan tampak kagum pada gadis lain yang menggiurkan.”***

 


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


Buy me a coffeeBuy me a coffee
Buy me a coffeeBuy me a coffee
To Top