OPEC, US Energy Dept. See Enough Oil In The World | Peak Oil News ... Peak Oil News and Message Boards450 × 270Search by image OPEC, US Energy Dept. See Enough Oil In The World

OPEC, US Energy Dept. See Enough Oil In The World | Peak Oil News … Peak Oil News and Message Boards450 × 270Search by image OPEC, US Energy Dept. See Enough Oil In The World

Belum setahun keluar dari keanggotaan organisasi negara-negara pengekspor minyak, OPEC, pihak OPEC mengajak Indonesia kembali bergabung. Indonesia mempertimbangkan, namun dengan syarat: Indonesia mendapat keistimewaan dari setiap kesepakatan yang diambil anggota OPEC.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, Jumat (7/7/2017), mengakui adanya  tawaran OPEC tersebut. Dia mengatakan pemerintah telah menanggapi dengan melayangkan surat pada 24 Mei 2017.

Dalam surat itu, Indonesia antara lain berharap bisa mendapat pengecualian, agar keanggotaan Indonesia di OPEC nantinya sejalan dengan ‎strategi nasional.

Postcomended   Konsumsi Antibiotik Melonjak, Wabah “Superbugs” Mengancam Dunia

Seperti diketahui, Indonesia keluar dari OPEC pada Desember 2016 dilatarbelakangi kesepakatan anggota mengurangi produksi minyak dengan alasan memperbaiki harga minyak yang sedang anjlok. Padahal, Indonesia justru sedang berusaha menggenjot produksi minyak untuk memperkuat ketahanan energi.

Pihak yang mengajak Indonesia masuk kembali ke OPEC adalah Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Keberadaan Indonesia dalam keanggotaan OPEC disinyalir karena beberapa keunggulan lain, bukan sebagai negara pengekspor minyak.

‎”Indonesia kan punya peran yang cukup, ditunggu lah, diharapkan oleh anggota OPEC,” kata Archandra.

Postcomended   31 Mei dalam Sejarah: Israel Tewaskan 9 Aktivis Gaza Freedom Flotilla

Pada Desember 2016, Indonesia menyatakan keluar dari OPEC. Padahal baru masuk lagi pada awal 2016. Pembekuan pertama keanggotaan Indonesia di OPEC terjadi pada 2008, dan efektif berlaku 2009.

Share the knowledge