Keluarga

Orang Indonesia Juara “Malas Jalan Kaki” Sedunia

Share the knowledge

Orang Indonesia paling malas jalan kaki sedunia - YouTube YouTube1280 × 720Search by image Orang Indonesia paling malas jalan kaki sedunia

Orang Indonesia paling malas jalan kaki sedunia – YouTube YouTube1280 × 720Search by image Orang Indonesia paling malas jalan kaki sedunia

Para peneliti di Universitas Stanford  Amerika Serikat (AS) memantau aktivitas manusia di seluruh dunia melalui aplikasi Argus. Mereka menggunakan data menit per menit dari 700.000 orang yang menggunakan aplikasi pemantau aktivitas tersebut pada telepon seluler mereka. Hasilnya: ORANG INDONESIA PALING MALAS BERJALAN KAKI.

Dalam daftar aktivitas manusia di seluruh dunia yang termonitor Argus itu, muncul data bahwa penduduk paling malas berjalan kaki di dunia adalah orang Indonesia. Tercatat orang kita hanya berjalan kaki sebanyak 3.513 langkah per hari.

Sementara yang paling getol jalan kaki adalah orang-orang di Hong Kong. Rata-rata mereka berjalan kaki hampir 100 persen lebih banyak dari orang di Indonesia, yakni 6.880 langkah setiap hari.

Scott Delp, profesor bioteknik yang juga anggota tim peneliti, mengatakan, data tersebut 1.000 kali lebih besar dibanding penelitian sebelumnya tentang pergerakan manusia. “Bahkan kami menyediakan lebih banyak negara dalam data ini, lebih banyak subjek, dan melacak aktivitas orang-orang secara berkala,” ujar Delp, seperti dipublikasikan jurnal Nature. 

Postcomended   Kabupaten Batang Kembangkan Wisata Alam Untuk Berdayakan Masyarakat

Subyek lainnya yang timbul dalam kajian ini adalah infrastruktur. Data ponsel memperlihatkan kota-kota yang trotoarnya lebih bagus, seperti New York dan San Francisco, penduduknya lebih rajin berjalan kaki dibanding kota-kota yang bertumpu pada kendaraan sebagai wahana berkeliling, seperti Houston dan Memphis.

Argus adalah aplikasi yang kompatibel untuk iOS. Sehingga hampir pasti responden dalam penelitian ini adalah para pengguna iPhone. Dalam laporan penelitian itu tak disebutkan apakah jumlah responden di Indonesia pengguna Argua ini bisa mewakili kebiasaan malas jalan kaki tersebut.

Orang Indonesia Paling Malas Jalan Kaki, Apa Penyebabnya? oleh ... Kompasiana.com599 × 409Search by image Orang Indonesia Paling Malas Jalan Kaki, Apa Penyebabnya?

Orang Indonesia Paling Malas Jalan Kaki, Apa Penyebabnya? oleh … Kompasiana.com599 × 409Search by image Orang Indonesia Paling Malas Jalan Kaki, Apa Penyebabnya?

Argus adalah aplikasi berbasis iOS yang digunakan terkait gaya hidup sehat termasuk untuk memantau aktivitas berolahraga penggunanya.

Postcomended   Tidur saat Puasa Seharian Ternyata sangat merugikan

Ada 20 item dalam aplikasi Argus. Antara lain adalah bisa dipakai sebagai buku harian latihan, pelacakan berat badan, dan juga laporan aktivitas, seperti yang digunakan dalam  penelitian di atas.

Situs Versus menulis, dalam aplikasi “laporan aktivitas” ini, data aktivitas pengguna dianalisa untuk memberikan laporan. Laporan ini dapat dilihat melalui aplikasi atau situs web. Hal ini memungkinkan untuk melihat seberapa aktif pengguna dalam aktivitas hariannya, sehingga dapat dijadikan ukuran untuk melakukan perbaikan.

Meskipun hanya digunakan pengguna iOS, namun hasil penelitiannya seolah-olah mewakili gaya hidup masyarakat Indonesia secara umum, didukung kondisi fasilitas umum dan sosialnya yang buruk.

Dalam obrolan di Kaskus yang melempar topik tentang mengapa orang Indonesia malas jalan kaki, Kaskuser menulis bahwa penyebabnya antara lain karena cicilan sepeda motor sangat murah. “Jadi daripada pake (kendaraan)umum ato jalan kaki mending duidnya dipake buat nyicil kendaraan,” ujarnya.

Kaskuser lain menyorot penyebabnya karena minimnya taman kota ataupun fasilitas bagi pejalan kaki seperti city walk, hingga diserobotnya trotoar oleh para pedagang kaki lima, ataupun  banyaknya lahan parkir liar yang membuat warga ogah berjalan kaki.

Postcomended   Layak Tahu! Ada Apa Di Balik Diundangnya TGB Zainul Majdi Oleh Zulkifli Hasan?

“Pun tidak jarang sampah menumpuk di pinggir jalan membuat pejalan kaki dan orang-orang di lingkungan sekitar tidak betah. Kalau trotoar disesaki pedagang dan jalanan dipenuhi pengendara arogan, masyarakat harus jalan kaki dimana?” keluhnya.

 

 

 


Share the knowledge
To Top