720S Akhirnya Diperkenalkan, Supercar Yang Nyaris Sempurna! AutonetMagz860 × 474Search by image McLaren 720S Akhirnya Diperkenalkan, Supercar Yang Nyaris Sempurna!

720S Akhirnya Diperkenalkan, Supercar Yang Nyaris Sempurna! AutonetMagz860 × 474Search by image McLaren 720S Akhirnya Diperkenalkan, Supercar Yang Nyaris Sempurna!

McLaren Indonesia baru saja meluncurkan generasi kedua McLaren 720S di Jakarta, tepatnya pada Rabu (26/7/2017). Namun sang CEO, Irmawan Poedjoadi, sudah tersenyum lebar. Begitu diperkenalkan di Singapura, konsumen Indonesia berduyum-duyun memesan. Sebelum masuk Indonesia, mobil ini memang sudah diperkenalkan lebih dulu di Singapura. Padahal Indonesia lah yang disebut sebagai pasar kunci McLaren. Situs resmi McLaren menyebutkan, desain 720S terinspirasi hiu putih alias great white shark, pemburu brutal yang efisien.

Dengan bandrol harga Rp 3,8 miliar, bisa dibayangkan konsumen seperti apa pembelinya. Menurut Irmawan, dari hasil pengenalan produk di Singapura itu, beberapa konsumen langsung berduyun-duyun memesan.

“Mereka akan mendapatkan unit mulai September 2017. Kalau yang pesan sekarang paling lambat awal 2018 sudah ada unitnya,” kata Irmawan.

Postcomended   Lulusan Fisika Nuklir Jadi Dirut Baru Bank Mandiri

McLaren 720S sebenarnya belum seberapa. Saat McLaren P1 diluncurkan pada 2014, mobil ini langsung terjual 9 unit. Padahal P1 adalah yang termahal dari McLaren, yakni dijual dengan harga 866 ribu pounds atau sekitar Rp 12,7 miliar.

Direktur Regional McLaren Automotive kawasan Asia Pasifik kala itu, Mirko Borodiga, mengatakan, Indonesia memang merupakan pasar kunci bagi McLaren dan berharap ke depan bisa mempertahankan posisi ini.

“Khusus P1, Indonesia merupakan pasar terbesar ketiga di Asia setelah Cina dan Jepang,” ujar Mirko.

Kembali ke McLaren 720S, supercar ini diproduksi di pabrik Woking, Inggris. Dipersenjatai dengan mesin V8 twin turbo berkapasitas 4,0 liter yang mampu menyemburkan daya 711 Tk dan torsi maksimum 770 Nm. Dengan spesifikasi tersebut, supercar ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,9 detik, dan sanggup melesat hingga 341 km/jam.

Postcomended   Duduk 8 Jam Sehari, Memiliki Risiko Kematian Mirip dengan Merokok

McLaren 720S rencananya dijual mulai dari 284.975 dolar AS atau sekitar Rp 3,8 miliar.

Situs McLaren menyebutkan, 720S  ini dirancang lebih ringan, lebih kuat, dan lebih cepat. Perancangnya terinspirasi Great White Shark, mesin berburu yang sangat keren namun brutal efisien.

Desainnya indah sekaligus cerdik. Aliran mulus pada bodi luarnya memanipulasi udara sehingga mengurangi gesekan dan bisa mendinginkan mesin. Pilar ramping pada kabin yang berbentuk tetesan air mata, membuat cahaya matahari membanjiri bagian dalam mobil.

Sasis 720S, yang merupakan temuan program PhD lima tahun di University of Cambridge, memberi kemampuan maksimal bagi mobil ini untuk menjajal semua permukaan jalan dan jalur, mulai jalur gunung yang berkelok-kelok hinggabarena pacuan kuda yang menantang. (http://cars.mclaren.com/super-series/720s).***(ra)

Postcomended   16, 17, 18 Agustus: Indonesia Merdeka hingga Skandal Clinton dan Lewinsky

 

 

 

Share the knowledge