Loading...
Keluarga

Orang Tua Cenderung Menyukai Anak Bungsunya

Share the knowledge

 

Anak bungsu cenderung paling disukai orangtua (gambar dari: olehhttps://www.youtube.com/watch?v=rgdqCzDa0wo)

Anak bungsu cenderung paling disukai orangtua (gambar dari: olehhttps://www.youtube.com/watch?v=rgdqCzDa0wo)

Sudah lama diperdebatkan apakah orang tua boleh menunjukkan pilih kasih terhadap anak-anaknya. Mereka yang mengklaim memiliki “sindrom anak tengah” akan setuju pilih kasih bersifat berat sebelah alias bias. Apalagi survei menunjukkan orang tua cenderung menyukai anak bungsu.

Sindrom anak tengah adalah fenomena yang sangat nyata yang menyebabkan anak tengah merasa diabaikan dan tidak dicintai dibandingkan dengan saudara kandung mereka. Tampaknya kecurigaan mereka telah dikonfirmasi, ketika sebuah survei mengungkapkan bahwa orang tua cenderung menyukai anak bungsu mereka.

Tahun lalu, Mumsnet melakukan survei terhadap 1.185 penggunanya yang merupakan orang tua, sementara Gransnet melakukan survei terhadap 1.111 penggunanya yang memiliki setidaknya satu cucu.

Ditemukan bahwa hampir seperempat pengguna Mumsnet mengaku memiliki anak favorit, sementara 42 persen pengguna Gransnet mengaku menunjukkan preferensi kepada salah satu cucu mereka.

Lebih dari setengah orang tua yang memiliki anak kesayangan mengungkapkan bahwa anak kesayangan mereka itu adalah anak bungsu mereka, dengan 61 persen mengatakan bahwa mereka menemukan saudara kandung lainnya lebih “rumit atau menuntut”.

Postcomended   137 Wanita Dibunuh oleh Orang Terdekat Setiap Hari

Di sisi lain, 26 persen orang tua mengatakan bahwa anak kesayangan mereka adalah anak tertua mereka. Dari orangtua yang mengaku memiliki anak pilihan, 41 persen menyatakan bahwa anak favorit mengingatkan mereka pada diri mereka sendiri, sementara lebih dari setengahnya mengatakan bahwa anak itu membuat mereka lebih banyak tertawa daripada keturunan mereka yang lain.

Sementara anak-anak yang tidak menerima perawatan khusus mungkin merasa diabaikan pada waktu-waktu tertentu, mayoritas orang tua percaya salah menunjukkan preferensi.

Postcomended   Tes Memakai Dompet Hilang Tempatkan Swiss di Nomor Wahid Kejujuran

Lebih dari separuh pengguna Mumsnet dan Gransnet berpendapat bahwa memiliki anak favorit benar-benar “mengerikan”, dengan lebih dari tiga perempat orang tua berkomentar bahwa mereka percaya hal itu dapat berdampak buruk pada saudara kandung lainnya.

“Favoritisme adalah salah satu tabu terakhir dan dapat memancing banyak kesalahan, jadi penting untuk mengatakan bahwa merasakan afinitas yang lebih besar untuk anak tertentu, cukup umum,” kata Justine Roberts, pendiri Gransnet.

Favoritisme kata Roberts, beracun, di mana saudara kandung menyadari diperlakukan tidak adil dalam jangka Panjang. “Kebijaksanaan Mumsnet yang disaring tentang masalah ini adalah bahwa banyak orang tua menyukai anak-anak mereka secara berbeda: yang terpenting adalah mencintai mereka sepenuhnya.”***

Postcomended   Waspadalah, Obat Kemoterapi Ini Dapat Menyebabkan Kanker Payudara Menyebar

 

Loading...


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Loading...
To Top