Internasional

Pabrik Bayi Nigeria: Ketika Wanita-wanita Diperkosa dan Dibuat Hamil

17 babies, pregnant teenagers rescued from Imo baby factory - The Easterner theeasterner.com.ng The Easterner, Easterner, East, South East, Igbo, Nigeria, Abia, Anambra, Ebonyi, Enugu, Imo, News, Opinions, Umuahia, Awka, Afikpo, Owerri, Aba, Biafra, Ndigbo

17 babies, pregnant teenagers rescued from Imo baby factory – The Easterner theeasterner.com.ng The Easterner, Easterner, East, South East, Igbo, Nigeria, Abia, Anambra, Ebonyi, Enugu, Imo, News, Opinions, Umuahia, Awka, Afikpo, Owerri, Aba, Biafra, Ndigbo

Kota utama Nigeria, Lagos, dalam satu dekade terakhir ini, tak putus dibelit kasus “pabrik bayi”. Wanita-wanita diperkosa dan dibuat hamil. Wanita hamil yang belum menikah dijanjikan kesehatan, namun anak-anaknya kemudian dibawa 

pergi. Bagai peternakan, seorang pria diplot menghamili belasan perempuan usia belasan tahun. Bayi yang beruntung dijual untuk diadopsi, namun sebagian besar masuk dalam pasar pekerja anak, dijadikan pekerja seks, beberapa disiksa dan dibunuh untuk ritual ilmu hitam. Tak jarang pihak berwenang menggerebek pabrik-pabrik bayi ini.

Kasus terbaru penggerebekan “pabrik bayi” di Nigeria dilaporkan BBC, Kamis (26/4/2018). Seorang pejabat mengatakan, lebih dari 162 anak telah diselamatkan dari dua panti asuhan abal-abal di kota utama Nigeria, Lagos’ panti asuhan yang tidak terdaftar. Mereka terdiri dari 100 perempuan dan 62 laki-laki, anak-anak dan remaja.

Postcomended   Alibaba Bikin Guru Bahasa Inggris ini Jadi Miliarder E-Commerce

Beberapa bayi dan anak-anak yang diselamatkan itu telah mengalami pelecehan seksual, tambah sang pejabat, Agboola Dabiri. Bayi-bayi itu kata sang pejabat, dapat dijual untuk diadopsi, digunakan untuk pekerja anak, diperdagangkan ke Eropa untuk prostitusi, atau dibunuh untuk tujuan ritual.
Februari lalu, polisi Lagos mengatakan kepada media setempat bahwa mereka menemukan satu kasus seorang wanita hamil pergi ke satu rumah, lalu melahirkan bayinya untuk diambil dan mendapat sejumlah imbalan.

Dabiri, Komisaris untuk Pemuda dan Pembangunan Sosial di Lagos State ini mengatakan, ke-162 anak tersebut akan ditempatkan di rumah-rumah yang disetujui pemerintah untuk perawatan dan perlindungan.

In Enugu, you can buy a baby boy in 24 hours | The NEWS thenewsnigeria.com.ng *A Nigerian civil rights campaigner recounts his shock encounter with a business woman selling babies By Philip Obaji ENUGU, Nigeria — Eze, as we’ll call him, is an agent involved...

In Enugu, you can buy a baby boy in 24 hours | The NEWS thenewsnigeria.com.ng *A Nigerian civil rights campaigner recounts his shock encounter with a business woman selling babies By Philip Obaji ENUGU, Nigeria — Eze, as we’ll call him, is an agent involved…

Pada 2013, 17 remaja hamil dan 11 bayi diselamatkan dari sebuah rumah di negara bagian Imo tenggara. Remaja-remaja hamil itu mengatakan mereka telah diperkosa oleh seorang pemuda berusia 23 (yang kemudian ditahan), dan seorang petugas keamanan yang bekerja di rumah itu.

Postcomended   28 Oktober dalam Sejarah: Temuan Spesies Manusia Baru di Indonesia Dipublikasikan

Joy Elomoko, dari kepolisian Negara Bagian Imo, mengatakan, para remaja yang ditemukan tengah hamil itu berusia antara 14-17 tahun. “Para gadis itu mengaku hanya diberi makan sekali sehari dan tak diizinkan keluar rumah,” tambah Elomoko. “Mereka juga mengatakan bayi-bayi yang ada dalam kandungan mereka akan dijual kepada siapapun yang mau membeli,” ujar Elomoko.

Sejumlah warga setempat mengatakan, rumah yang digrebek polisi itu dikenal dengan nama Rumah Bayi Tak Beribu Ahamefula. Warga mengenalnya sebagai panti asuhan dan rumah singgah bagi perempuan yang akan melahirkan.

Six pregnant girls freed in baby factory raid | Nigeria News Today ... NigerianEye Six pregnant girls freed in baby factory raid

Six pregnant girls freed in baby factory raid | Nigeria News Today … NigerianEye Six pregnant girls freed in baby factory raid

Pada Mei 2011, kepolisian Nigeria juga pernah membebaskan 32 perempuan hamil di Negara Bagian Abia. Disebutkan bahwa para perempuan ini nantinya akan menjual bayi mereka dengan harga sekitar 191 dolar AS (sekitar Rp 2 juta). Penemuan “pabrik bayi” ini mengguncang Nigeria sejak kasus serupa terungkap pada 2008.

Postcomended   Uni Eropa Perluas Larang Neonicotinoid demi Kesejahteraan Para Lebah

Menurut Komisaris Polisi Negara Bagian Abia, Bala Hasan, “pabrik bayi” ini serupa rumah sakit yang berlindung dalam yayasan bernama Cross Foundation.

Pada 2012, seorang hakim Inggris mengemukakan kekhawatiran tentang tren orang tua yang putus asa tidak bisa memiliki anak, terjebak dalam penipuan penjualan bayi di Nigeria. Uni Eropa dalam satu laporan pada 2013, menyebut Nigeria sebagai negara di Afrika dengan praktik penjualan manusia terbanyak.

Dari laporan itulah disebutkan bahwa kepolisian negeri itu pernah mengungkap apa yang disebut sebagai “pabrik bayi”. UNESCO, organisasi yang mengurus pendidikan dan kebudayaan PBB, pernah menyebut penjualan manusia adalah kejahatan paling umum di Nigeria, setelah penipuan dan penyelundupan narkoba.(***/BBC/kompas)

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top