Buy me a coffeeBuy me a coffee
Internasional

Pabrikan Kereta Api Indonesia Sedang Kembangkan Trem Bertenaga Baterai #beritahariini

Share the knowledge

Trem bertenaga baterai di Birmingham Inggris dikembangkan secara terintegrasi dengan fasilitas lainnya seperti jalur sepeda. (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=_uDx_5WJSsw)

Trem bertenaga baterai di Birmingham Inggris dikembangkan secara terintegrasi dengan fasilitas lainnya seperti jalur sepeda. (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=_uDx_5WJSsw)

PT Industri Kereta Api (INKA) saat ini sedang mengembangkan trem bertenaga baterai, yang selain untuk digunakan sendiri, juga bakal berorientasi ekpor. Inggris yang sudah mulai mengoperasikan trem baterai, melakukan investasi yang bersifat menyeluruh termasuk memikirkan jalur sepeda.

Presiden Direktur PT INKA, Budi Noviantoro, di markas perusahaan di Madiun, Jawa Timur, Rabu (4/9/2019), mengungkapkan, prototipe trem telah dimodelkan, dan proses pengujian baterai saat ini sedang berlangsung. “Uji coba akan dilakukan 20 hingga 30 kali perjalanan pulang-pergi untuk mengetahui daya tahan baterainya,” kata Budi.

“Laju trem bertenaga baterai lebih halus dibandingkan dengan kereta yang menggunakan lokomotif, jadi lebih nyaman,” ujar Budi. Budi menyatakan bahwa trem teknologi baru ini telah diproduksi selama setahun terakhir. Satu unit terdiri dari dua gerbong yang dilengkapi kursi penumpang dan pegangan untuk penumpang yang berdiri.

Postcomended   Butuh Tenaga Kerja, Jepang yang "Menua" Longgarkan Aturan Imigrasi

PT INKA telah menaruh harapan besar pada trem bertenaga baterai ini untuk menjadi pilihan transportasi publik yang populer karena harganya yang lebih murah. “Jalur trem sangat cocok sebagai moda transportasi futuristik kota yang ramah lingkungan dan efisien,” ujar Budi.

Menurutnya, saat ini pembuatan prototipe trem bertenaga baterai tersebut telah selesai digarap, dan sedang dalam tahap uji coba kekuatan baterai. Selama masih dalam masa percobaan, pembuatan massal belum dimulai. Setelah berakhirnya masa percobaan, trem akan diluncurkan dan dipasarkan, baik lokal maupun luar negeri.

Investasi Menyeluruh Termasuk Rute Sepeda

Postcomended   Penelitian Bantah Gagasan bahwa Ada "Gen Gay"

Negara yang saat ini sedang getol membangun jaringan transportasi trem bertenaga baterai adalah Inggris, dengan tujuan memotong kemacetan dan polusi karena akan mengurangi ketergantungan pada mobil pribadi. Trem bertenaga baterai pertama di Inggris diluncurkan di Birmingham, West Midlands, pada April 2018.

Laman The Times menyebutkan, sistem trem di masa depan dapat ditenagai oleh baterai tanpa perlu saluran udara yang mahal dan tidak praktis. Ini akan membuatnya menjadi lebih murah dan lebih mudah untuk dipasang.

Dikutip dari laman tfwm.org.uk, perluasan Inggris ke jaringan trem untuk dekade berikutnya di West Midlands ini memakan investasi sebesar 3,4 miliar poundsterling (sekitar Rp 58  triliun).

Investasi akan mencakup membangun infrastruktur pendukung jaringan trem bertenaga baterai ini, yakni dengan membangun fasilitas transportasi penghubung berupa jalur kereta api pinggiran yang baru, rute sepeda, dan peningkatan jalan raya.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


Buy me a coffeeBuy me a coffee
Buy me a coffeeBuy me a coffee
To Top