Buy me a coffeeBuy me a coffee
Ekonomi

Pakar Keamanan Google: Data Pengguna iPhone Telah Diretas Setidaknya Dua Tahun

Share the knowledge

(gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=yjnPjEsk3fM)

(gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=yjnPjEsk3fM)

Pakar keamanan Google menemukan operasi peretasan secara acak yang menarget iPhone selama setidaknya dua tahun dan menggunakan situs web untuk menanam perangkat lunak berbahaya untuk mengakses foto, lokasi pengguna, dan data lainnya.

Dalam sebuah posting Kamis (30/8/2019) di blog gugus tugas keamanan Project Zero Google, para ahli siber tidak menyebutkan nama situs-situs yang diretas yang menampung serangan, tetapi memperkirakan mereka menerima ribuan pengunjung seminggu.

“Cukup mengunjungi situs yang diretas sudah cukup bagi server eksploit (server yang bersifat mengeksploitasi) untuk menyerang perangkat Anda, dan jika berhasil, (server tersebut akan) memasang implan pemantauan,” kata Ian Beer dari Project Zero.

Postcomended   10 Oktober dalam Sejarah: Singapura Negara Pertama yang Terjun ke Jurang Resesi 2008

Setelah terpasang, perangkat lunak (software) berbahaya ini, kata Beer, terutama akan berfokus pada mencuri file dan mengunggah data lokasi langsung. Software ini juga telah dapat mengakses aplikasi messenger terenkripsi seperti Telegram, WhatsApp, dan iMessage.

Google hangout dan Gmail juga telah terpengaruh, ia menambahkan dalam posting itu, yang memberikan rincian tentang bagaimana perangkat lunak jahat ini menarget dan mengeksploitasi kerentanan iPhone.

Hampir Semua OS iPhone Terpengaruh

Sebagian besar kerentanan yang ditargetkan ditemukan di browser web default Safari iPhone, kata Beer, menambahkan bahwa tim Project Zero telah menemukannya di hampir setiap sistem operasi dari iOS 10 hingga versi iOS 12 saat ini.

Setelah tertanam di iPhone pengguna, perangkat lunak berbahaya ini mengirim kembali data curian, termasuk data lokasi pengguna langsung kembali ke “perintah dan kontrol server” setiap 60 detik.

Postcomended   Apple Bakal Luncurkan Beragam Produk Baru pada 12 September 2018

Beer mengatakan Google telah memberi tahu Apple tentang serangan pada Februari, dan Apple kemudian merilis patch keamanan untuk iOS 12.1.

Lama menjadi pengemudi mesin pembuat uang Apple, pendapatan iPhone secara keseluruhan turun 12 persen dibanding tahun lalu menjadi 26 miliar dollar AS. Raksasa teknologi ini telah mengirimkan undangan, Kamis, ke acara September di kampus Silicon Valley di mana iPhone akan mengungkap smartphone generasi barunya.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply


Buy me a coffeeBuy me a coffee
Buy me a coffeeBuy me a coffee
To Top