Dan Mancina, skateboarder buta (Red Bull)

Dengan penglihatan hanya tinggal 5%, Dan Mancina tidak dapat secara visual melihat tonjolan atau lekukan. Namun itu tidak menghentikannya untuk menerjangnya di atas skateboard-nya. Dengan menggunakan tongkat, dia terus melakukan beberapa trik skateboard yang ia sukai, sebelum benar-benar kehilangan penglihatannya.

Mancina baru berusia 13 tahun ketika pemeriksaan mata rutin mendiagnosisnya menderita penyakit mata degeneratif, Retinitis Pigmentosa, penyakit yang telah merampas 95% penglihatannya.

“Kehilangan pandangan dan hobi skateboad saya, seperti merobek hatimu,” kenangnya. “Ini mengubah seluruh sikap saya terhadap kehidupan,” ujarnya.

“Pertama, saya tidak bisa meninggalkan rumah atau blok saya karena saya akan tersesat. Sejak berusia tujuh tahun, saya seorang pemain skateboard. Saya baru saja kehilangannya untuk sementara waktu.”

Mancina sempat menggantung skateboardnya dan pindah ke jalan hidup lain, seperti menjadi terapis pijat.

Tetapi sekali kembali ke papan untuk suatu aksi video, membantu retransformasi hidupnya. Rekaman klipnya yang melakukan hal-hal yang tidak boleh dilakukan orang buta –panah bullseye, hole in one dalam mini golf, dan melakukan sejumlah aksi skateboard– menjadi viral, membuatnya  tidak mau melihat ke belakang lagi.

Meskipun dia mengaku itu bukan hal mudah. “Sekarang, skating lebih menakutkan dan lebih menuntut. Mencoba ‘hyped up’ untuk meluncur pada sesuatu menjadi lebih sulit. Tetapi saya melakukannya, karena begitu saya meluncur, saya hanya khawatir bagaimana mendapatkan trik itu.”

Warga asli Michigan, Amerika Serikat, ini sekarang secara efektif hanya bias melihat persepsi, bayangan, dan kontras. Tetapi setelah mencoba mencari tahu “apa yang terbiasa dilakukan orang buta”, dia sekarang memiliki harapan untuk membangun skatepark untuk orang buta.

Kecakapan skating Mancina yang luar biasa sekarang dilakukan hanya dengan meraba-raba, menggunakan tongkatnya, untuk mencari tempat yang tepat untuk meluncur.

“Saya mungkin telah kehilangan penglihatan tetapi melalui skateboard saya telah mendapatkan pandangan dan saya ingin berbagi dengan dunia,” ujar Mancina.(***/redbullcontentpool)

Share the knowledge