Ekonomi

Pangeran Harry Bakal Pimpin Koalisi Para Agen Pariwisata untuk Pariwisata Hijau

Share the knowledge

Pangeran Harry bakal pimpin koalisi pelaku usaha perjalanan untuk mendukung program pariwisata hijau (gambar dari: https://www.hellomagazine.com/royalty/2018020846147/prince-harry-may-not-wear-wedding-ring/)

Pangeran Harry bakal pimpin koalisi pelaku usaha perjalanan untuk mendukung program pariwisata hijau (gambar dari: https://www.hellomagazine.com/royalty/2018020846147/prince-harry-may-not-wear-wedding-ring/)

Meningkatnya jumlah pelancong di seluruh dunia, mendapat perhatian Pangeran Harry. Duke of Sussex ini menyorot upaya mengatasi dampak industri perjalanan terhadap lingkungan. Untuk meluncurkan inisiatifnya ini, Harry memilih Amsterdam, kota yang dilanda pariwisata berlebihan. 

Inisiatif ini akan berfokus pada isu perubahan iklim, konservasi satwa liar, dan perlindungan lingkungan di tempat-tempat wisata terkemuka di seluruh dunia.

Pada konferensi pers yang digelar Selasa (3/9/2019) dengan para mitra koalisinya seperti Booking.com; TripAdvisor; Visa; Perusahaan perjalanan terbesar Cina, Ctrip; dan aggregator pembiayaan yang dimiliki Ctrip, serta Skyscanner, Harry mengumumkan inisiatifnya ini yang diberi nama Travalyst.

Selain melindungi lingkungan, program Pangeran Harry ini ditujukan untuk meningkatkan jumlah dolar dari sector pariwisata yang masuk ke komunitas lokal, dan menemukan solusi untuk sektor pariwisata yang menjadi  berlebihan.

“Perjalanan memiliki kekuatan yang tak tertandingi untuk membuka pikiran orang terhadap budaya yang berbeda, pengalaman baru, dan untuk memiliki apresiasi yang mendalam atas apa yang ditawarkan dunia kita,” kata sang Duke dalam sebuah pernyataan yang dibagikan kepada The Associated Press sebelum pengumuman resmi.

“Seiring dengan pertumbuhan pariwisata yang tak terhindarkan, sangat penting untuk mempercepat adopsi praktik berkelanjutan di seluruh dunia, dan untuk menyeimbangkan pertumbuhan ini dengan kebutuhan lingkungan dan populasi lokal. Menyatukan perusahaan, konsumen, dan masyarakat adalah kesempatan terbaik kami untuk melindungi ekosistem bagi generasi mendatang,” paparnya.

Postcomended   Empat Tujuan Wisata Ini Bakal Dianakemaskan oleh Pemerintah

Pakai Jet Pribadi, Harry Dikecam

Harry mendapat kecaman musim panas ini ketika dia dan keluarganya mengambil jet pribadi untuk pergi berlibur, terlepas dari dampak karbon penerbangan pada planet ini. Mereka terbang ke rumah penyanyi Elton John, yang mengatakan pesawat itu menawarkan privasi dan perlindungan yang dibutuhkan, dan bersifat netral karbon karena diimbangi oleh kontribusi terhadap Carbon Footprint.

“Saya menghabiskan 99% hidup saya bepergian di dunia dengan pesawat komersial,” kata Harry, Selasa. Dia mengatakan akan menggunakan jet pribadi hanya ketika keadaan menuntutnya, dan akan mengimbangi jejak karbonnya.

Di antara isu-isu yang akan menjadi fokus koalisi ini adalah meningkatkan kewirausahaan perjalanan dan pariwisata di lapangan di masyarakat setempat.

Pariwisata Meningkat Dua Kali Lipat

Tahun lalu, jumlah perjalanan internasional yang dilakukan secara global mencapai 1,4 miliar, jumlah yang mencapai dua tahun lebih cepat dari yang diproyeksikan sebelumnya oleh agen pariwisata PBB, Organisasi Pariwisata Dunia. Menurut Bank Dunia, jumlah perjalanan yang dilakukan setiap tahun oleh orang-orang di seluruh dunia telah meningkat dua kali lipat sejak tahun 2000.

Perjalanan dan pariwisata memberi 8,8 triliun dollar AS (sekitar Rp 123.200 triliun) ke dalam ekonomi global pada 2018, menurut World Travel & Tourism Council. Dalam 10 tahun, jumlah wisatawan yang mengunjungi negara-negara di pasar negara berkembang akan mencapai 1 miliar per tahun, yang terdiri dari 57 persen dari semua perjalanan internasional, kata badan AS ini.

Postcomended   Rasa Pahit Adalah Sinyal Bahaya, Tapi Kenapa Manusia Suka Kopi?

Pangeran Harry Bakal Pimpin Koalisi

Mengumpulkan penyedia layanan menjadi satu koalisi adalah suatu prestasi tersendiri dalam industri kompetitif dengan tumpukan keuntungan di atas meja. Area lain yang dieksplorasi akan mencakup bahan bakar penerbangan yang lebih bersih, lebih banyak pengalaman perjalanan yang berfokus pada keberlanjutan, dan mendidik wisatawan tentang jejak kaki yang mereka buat dan limbah yang mereka tinggalkan.

“Komitmen dari merek-merek yang berbeda ini untuk bekerja bersama dan membantu membangun jaringan global wirausaha sosial yang berpikiran sama, LSM, dan pembuat kebijakan, benar-benar menginspirasi,” kata Gillian Tans, ketua Booking.com, seperti dilansir AP News. “Kolaborasi adalah satu-satunya jalan ke depan jika kita ingin menciptakan perubahan paradigma nyata dalam perjalanan.”

Bryan Dove, chief executive untuk Skyscanner, mengatakan, industri perjalanan memiliki kewajiban untuk melestarikan dunia kita bagi generasi masa depan untuk dijelajahi dan dinikmati. Tetapi untuk melakukan ini, lanjut Dove, kita perlu bertindak sekarang, karena perubahan tidak akan terjadi dalam semalam.

Harry mulai mendekati calon mitra untuk koalisi sekitar dua tahun lalu. Program dan proyek spesifik kemungkinan akan diluncurkan dalam 18 bulan ke depan. Harry akan aktif di pucuk pimpinan.

Postcomended   Amerika Membeku, Australia Meleleh

Konsumen haus akan perubahan, dengan 71 persen pelancong global memberi tahu Booking.com bahwa menurut mereka perusahaan perjalanan harus menawarkan pilihan perjalanan yang lebih berkelanjutan, dan 68 persen mengatakan penting bahwa dolar yang mereka bawa dalam perjalanan mereka dapat mendukung masyarakat lokal. Di Skyscanner selama 12 bulan terakhir, misalnya, 10 juta pelancong memilih opsi penerbangan emisi karbon terendah.

Travalyst akan menjadi inisiatif pertama yang berada di bawah yayasan amal Sussex Royal dari Harry dan istrinya Meghan Markle, setelah mereka memisahkan diri dari “joint trust” yang didirikan oleh saudaranya, Pangeran William dan Kate Middleton.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top