Serang Warga, Beredar Video Pangeran Arab Diborgol Atas Perintah ... Wow Keren630 × 350Search by image WowKeren.com - Belakangan warga Arab Saudi digegerkan oleh beredarnya video penangkapan pangeran muda Saud bin Abdulaziz bin Munir bin Saud bin Abdulaziz ...

Serang Warga, Beredar Video Pangeran Arab Diborgol Atas Perintah … Wow Keren630 × 350Search by image WowKeren.com – Belakangan warga Arab Saudi digegerkan oleh beredarnya video penangkapan pangeran muda Saud bin Abdulaziz bin Munir bin Saud bin Abdulaziz …

Pihak Kerajaan Arab Saudi menunjukkan bahwa anggota kerajaan tidak kebal hukum. Bahkan Raja Salman turun tangan langsung. Gara-gara melakukan penyerangan kepada warga, pangeran muda Saud bin Abdulaziz bin Munir bin Saud bin Abdulaziz al-Saud, ditangkap oleh polisi bersama teman-temannya.

Pangeran itu ditangkap atas perintah Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud. Video yang mendokumentasikan penangkapan pangeran muda itu tersebar di kalangan pengguna media sosial di Arab Saudi.

Dalam video yang dilansir Al Arabiya, semalam, terlihat pangeran berambut gondrong ini diborgol. Dia keluar dari dalam mobil lalu digelandang dua polisi berseragam ke sebuah gedung yang diduga kantor polisi.

Postcomended   Garuda Tambah Frekwensi Penerbangan Denpasar-Melbourne

Saat ditangkap, Pangeran Saud mengenakan kaus hitam. Dia ditangkap Kamis (20/7/17), atau beberapa jam setelah perintah Raja Salman keluar. Pangeran Saud melakukan aksi itu bersama teman-temannya.

Kasus itu terungkap setelah aksi sang pangeran dan teman-temannya menyerang warga direkam seseorang lalu menyebar di media sosial.

Dalam rekaman video itu, tampak Pangeran Saud bersama beberapa orang lain menodongkan senjata kepada seorang pria. Pria yang terlihat terluka di kepala itu memohon-mohon pada Pangeran Saud.

Selain menodongkan senjata, Pangeran Saud terlihat memukul dan menampar sambil mencaci maki sang pria.

Informasi video itu rupanya sampai ke pengetahuan Raja Salman. Diapun bertindak, dengan mengeluarkan surat perintah. Melalui surat tersebut, Salman menegaskan, pemerintah akan mengambil langkah-langkah pencegahan perilaku menyimpang dalam kerajaan, serta meningkatkan perlindungan dan keamanan warga negara.

“Tindakan juga akan diambil untuk mencegah ketidakadilan, pemaksaan, pelecehan, dan pelanggaran hukum oleh siapapun terlepas status sosialnya,” bunyi perintah tersebut seperti dikutip Al Arabiya, Jumat (20/7/17).

Postcomended   1 NIGHT 2 DAY TRIP

Dalam sejarah Kerajaan Arab Saudi, pemrosesan hukum terhadap anggota keluarga yang melakukan tindak kriminalitas, bukan yang pertama. Pangeran Turki bin Saud al-Kabir bahkan dihukum mati karena menembak seorang pria dalam perkelahian massal empat tahun lalu di luar Riyadh.

Dilansir dari BBC, Kamis (20/10) kasus hukuman mati yang menimpa keluarga kerajaan Saudi sangat jarang terjadi. Kasus hukuman mati paling terkenal di keluarga kerajaan adalah Faisal bin Musaid al Saud, yang membunuh pamannya, Raja Faisal, pada 1975.

Dalam kasus pembunuhan, hukuman mati di Arab Saudi sebenarnya bisa dibatalkan bila keluarga korban mau memaafkan dan menerima diyat atau uang darah dari pihak pelaku. Namun rupanya keluarga korban, Adel bin Suleiman al-Muhaimeed, yang dibunuh oleh Pangeran Turki, menolak imbalan finansial tersebut.

Postcomended   6 Oktober dalam Sejarah: Anwar Sadat Dibunuh

 

Selasa (18/10/16) waktu setempat, Pangeran Turki dieksekusi mati. Banyak orang memberikan pujian kepada Raja Salman yang tidak pandang bulu dalam menegakkan hukum Islam. Hukuman mati ini sekaligus menjadi penanda bahwa hukum di Arab Saudi tidak hanya tajam ke bawah namun juga ke atas.***(ra)