Internasional

Panitia Nobel Kembali Umumkan Peraihnya: Tiga Peneliti Sel Berbagi Rp 12 Triliun

Share the knowledge

Gregg Semenza, Peter Ratcliffe, dan William Kaelin. (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=BgytaL9uqro)

kika: Gregg Semenza, Peter Ratcliffe, dan William Kaelin. (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=BgytaL9uqro)

http://Panitia Hadiah Nobel mulai menghasilkan nama-nama lagi. Majelis Nobel Senin (7/10/2019) mengumumkan, peneliti AS, William Kaelin dan Gregg Semenza; serta Peter Ratcliffe dari Inggris, akan berbagi Hadiah Nobel Kedokteran untuk temuan mereka terkait memerangi kanker, dll.

“Penelitian mereka telah membuka jalan untuk menjanjikan strategi baru untuk memerangi anemia, kanker dan banyak penyakit lainnya,” kata para juri Hadiah Nobel.

Mereka menemukan tentang bagaimana sel merasakan dan beradaptasi dengan ketersediaan oksigen. “Mereka menetapkan dasar bagi pemahaman kami tentang bagaimana kadar oksigen memengaruhi metabolisme sel dan fungsi fisiologis tubuh.” Fisiologi, atau ilmu faal, adalah salah satu cabang biologi yang mempelajari berlangsungnya sistem kehidupan.

Postcomended   Yuk Cicipi Durian di di Festival Durian 2018 Yogyakarta

Juri mengatakan, ketiga peneliti tersebut telah mengidentifikasi mesin molekuler yang mengatur aktivitas gen dalam menanggapi berbagai level oksigen yang merupakan pusat dari sejumlah besar penyakit.

“Upaya intens yang sedang berlangsung di laboratorium akademik dan perusahaan farmasi sekarang difokuskan pada pengembangan obat yang dapat mengganggu berbagai penyakit dengan mengaktifkan atau (bahkan) memblokir mesin pengindera oksigen,” kata juri.

Kaelin bekerja di Institut Kedokteran Howard Hughes di Amerika Serikat (AS), sementara Semenza adalah direktur Program Penelitian Vaskular di Institut John Hopkins untuk Teknik Sel. Ratcliffe adalah direktur penelitian klinis di Francis Crick Institute di London, dan direktur Target Discovery Institute di Oxford.

Postcomended   Ada Nomadic Tourism di Rakornaspar Bali

Ketiganya akan berbagi jumlah hadiah Nobel sebesar sembilan juta kronor Swedia (sekitar 914.000 dollar AS, atau sekitar Rp 12,8 miliar). Mereka akan menerima hadiah dari Raja Carl XVI Gustaf pada upacara formal di Stockholm pada 10 Desember yang akan datang, (bertepatan dengan ) peringatan kematian ilmuwan Alfred Nobel pada 1896 yang menciptakan hadiah dalam wasiat terakhirnya.

Tahun lalu, kehormatan diberikan kepada ahli imunologi (kekebalan tubuh), James Allison dari AS, dan Tasuku Honjo dari Jepang, karena mencari tahu cara melepaskan rem sistem kekebalan tubuh untuk memungkinkannya menyerang sel kanker secara lebih efisien.

Pemenang Hadiah Fisika tahun ini akan diumumkan Selasa (8/10/2019), diikuti oleh Hadiah Kimia pada hari Rabu (9/10/2019). ***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top