Internasional

Para Astronom “Pencari Alien” Merilis Kumpulan Data Terbesar dalam Sejarah

Share the knowledge

Salah satu proyek Breakthrough Listen senilai total Rp 1,4 triliun yang melibatkan SETI, satu lembaga riset AS untuk pencarian kecerdasan asing di luar angkasa (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=2A2EOYdkB50)

Salah satu proyek Breakthrough Listen senilai total Rp 1,4 triliun yang bekerja di SETI, satu lembaga riset AS untuk pencarian kecerdasan asing di luar angkasa (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=2A2EOYdkB50)

Para astronom mengatakan mereka telah merilis kumpulan data terbesar yang pernah dipublikasikan untuk mencari kehidupan alien (makhluk  luar angkasa). Salah seorang yang pernah terlibat di dalam proyek ini adalah fisikawan Stephen Hawking.

Para peneliti dari Breakthrough Listen; suatu proyek perburuan alien senilai 100 juta dollar AS (sekitar 1,4 triliun) yang diluncurkan oleh tokoh-tokoh termasuk Hawking, mengatakan telah menyelesaikan pencarian paling komprehensif dan sensitif yang pernah dilakukan untuk (menemukan) “tanda tangan” teknologi alien.

“Upaya ini akan merilis data hasil pencarian mereka untuk kehidupan alien, dengan harapan bahwa orang lain mungkin dapat memanfaatkannya untuk menemukan informasi di dalamnya,” kata para peneliti, dilansir The Independent, Selasa (18/6/2019). Tempat pembuangan data ini terdiri dari satu petabyte data radio dan teleskop optik.

Postcomended   Warren Buffet Tak Jadi Investasi di Uber, Kenapa? #SURUHGOOGLEAJA

Tim Breakthrough Listen yang bekerja di Universitas California, Pusat Penelitian SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence/pencarian kecerdasan makhluk asing) Berkeley, mengatakan, mereka telah bekerja pada sejumlah teknik yang dirancang untuk menemukan “tanda-tanda teknologi” di tempat lain di alam semesta.

Sinyal-sinyal itu mungkin menunjukkan penggunaan teknologi seperti pemancar atau perangkat propulsi di dunia lain di luar Bumi, mungkin dibangun oleh peradaban asing.

Tanda-tanda teknologi semacam itu mungkin merupakan sinyal kuat yang dikirim hanya pada rentang frekuensi radio yang terbatas, atau laser terang yang menembus alam semesta. Para peneliti juga telah mengembangkan algoritma baru yang akan memungkinkan mereka untuk lebih memahami fenomena astrofisika yang tidak dapat dijelaskan, kata mereka.

Postcomended   Para Peselam Tangkap Rekaman Luar Biasa Pertemuan dengan Hiu Legendaris

Para astronom belum menemukan apa pun pada data itu, meskipun kerja keras telah dilakukan. Namun rilisnya, harap mereka, dapat mengarah pada terobosan lebih lanjut dan akan membantu menginformasikan pekerjaan mereka di masa depan saat mereka terus memperbaiki pekerjaannya.

“Rilis data ini adalah tonggak yang luar biasa bagi tim Breakthrough Listen,” kata Danny Price, ilmuwan proyek The Breakthrough Listen untuk observatorium Parkes di Australia, dalam sebuah pernyataan.

“Kami menjelajahi ribuan jam pengamatan bintang terdekat, melintasi miliaran saluran frekuensi. Kami tidak menemukan bukti sinyal buatan dari luar Bumi, tetapi ini tidak berarti tidak ada kehidupan cerdas di luar sana: kami mungkin belum melihat di tempat yang tepat, atau mengintip cukup dalam untuk mendeteksi sinyal lemah,” tambah Price.

Postcomended   Khamenei Serukan Lagi Slogan Paling Produktif untuk Mengancam Amerika

Data ini dirilis melalui halaman khusus di situs web Universitas California, Berkeley. Makalah yang menjelaskan metode panennya juga telah diunggah ke halaman itu dan juga diserahkan ke jurnal astrofisika.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top