KPK Archives - Lintas Parlemen Lintas Parlemen600 × 300Search by image Sikap Reaktif KPK pada Pansus Angket KPK Patut Dicurigai!

KPK Archives – Lintas Parlemen Lintas Parlemen600 × 300Search by image Sikap Reaktif KPK pada Pansus Angket KPK Patut Dicurigai!

Para guru besar yang tergabung dalam Guru Besar Antikorupsi, Kamis (6/7/2017), mendatangi Istana Merdeka. Mereka meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan pernyataan keras ihwal hak angket DPR terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Di hari yang sama, sejumlah tokoh lintas agama menyatakan dukungan yang sama. Tampak ikut dalam rombongan adalah Solahuddin Wahid, adik Gus Dur, dan Gus Yusron, anak almarhum Hasyim Muzadi, dan Franz Magnis Suseno; rohaniwan Katolik. Mereka datang langsung ke kantor pusat KPK.

Postcomended   Musim Semi di Cipinang #Ahok

Juru Bicara Guru Besar Antikorupsi, Asep Saefudin, mengatakan, perlu ada pernyataan dari kepala negara agar KPK yang sedang bekerja, tidak diganggu.

“Ini tidak bisa dibiarkan. Bagaimana kalau di suatu negara ada perilaku korupsi yang dilindungi?” kata Asep mewakili 396 guru besar dari berbagai universitas di Indonesia.

Menanggapi hak angket KPK, Jokowi sudah menyatakan agar jangan ada pikiran untuk melemahkan KPK. Namun di sisi lain Jokowi menyadari bahwa hak angket adalah wilayah DPR.

Akan tetapi para pakar yang tergabung dalam Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara-Hukum Administrasi Negara (APHTN-HAN), Juni silam sudah mengkaji bahwa pembentukan Pansus Hak Angket KPK oleh DPR RI: cacat hukum!

Postcomended   Apple Membatalkan Besar-besaran Spesifikasi iPhone 8 yang Kadung Beredar

Pernyataan “Pansus Hak Angket KPK Cacat Hukum” tersebut ditandatangani oleh 100 lebih orang akademisi dari berbagai universitas. Prof Mahfud MD selaku Ketua AHTN dalam konferensi pers di Gedung KPK, 14 Juni silam menegaskan, pembentukan panitia hak angket DPR itu keliru karena tiga hal: subjek keliru, objek keliru, dan prosedurnya salah.