Menkeu Sri Mulyani Akan Tindak Tegas Pengemplang Pajak - Job-Like ... job-like.com620 × 381Search by image Menkeu Sri Mulyani Akan Tindak Tegas Pengemplang Pajak

Menkeu Sri Mulyani Akan Tindak Tegas Pengemplang Pajak – Job-Like … job-like.com620 × 381Search by image Menkeu Sri Mulyani Akan Tindak Tegas Pengemplang Pajak

Para pengemplang pajak sebaiknya mulai belajar berhati-hati. Singapura akhirnya memiliki kesepakatan pertukaran data dan informasi perpajakan secara otomatis dengan Indonesia. Sistem ini akan mulai bekerja pada 2018, sejalan dengan mulai efektifnya “era eterbukaan informasi keuangan untuk perpajakan” (AEoI/Automatic Exchange of Information) secara global.

Mengenai kesepakatan ini, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan, dia telah melakukan pertemuan tertutup dengan Indranee Raja, Menteri Senior Bidang Hukum dan Keuangan Singapura, di Jakarta, Rabu (12/7/17).

Postcomended   Daftar Pemenang Emmy Awards 2017: Nama-nama Lama Hollywood Bermunculan

Sebelumnya, kedua negara sudah menandatangani Multilateral Competent Authority Agreement (MCAA). Artinya, baik Indonesia dan Singapura masuk dalam kesepekatan yang memungkinkan keduanya memiliki posisi setara dalam standar pengelolaan perpajakan.

Jika kesepakatan ini berjalan lancar, seharusnya ini merupakan “bencana baru” bagi Singapura. Singapura adalah surga bagi orang kaya Indonesia. Mereka mengambil untung di Indonesia namun menyimpan harta mereka di sana tanpa dilaporkan.

Postcomended   2019 Singapura akan Diramaikan Taksi-taksi Tanpa Pengemudi

Dilansir Republika, Kementerian Keuangan mencatat, dari 250 miliar dolar AS (Rp 3.250 triliun) harta orang-orang kaya Indonesia di luar negeri, ada sekitar 200 miliar dolar AS (Rp 2.600 triliun) disimpan di Singapura. Sekitar Rp 650 triliun-nya berada dalam bentuk “non-investable assets” semisal properti.