Lifestyle

Paru-paru Bocor Akibat Akupunturis Tusukkan Jarum Terlalu Dalam

Share the knowledge

 

(kredit: www.health.harvard.edu)

(kredit: www.health.harvard.edu)

Seorang ahli akupunktur membocorkan paru-paru seorang pasiennya ketika dia menusukkan jarum terlalu dalam saat merawat cedera lengan dan pergelangan tangan pasien wanitanya. Kondisi ini tidak diketahui sampai si pasien pulang dan mulai mengeluhkan kondisinya.

Ahli akupunktur Selandia Baru yang tidak disebutkan namanya, mengirim pasien wanitanya pulang tanpa menyadari bahwa dia telah membuat lubang di salah satu organ vitalnya, paru-paru. Kondisi ini baru diketahui ketika si pasien kesulitan bernapas dan meminta suaminya membawanya ke rumah sakit.

Dia akhirnya didiagnosis dengan pneumotoraks apikal bilateral yang disebabkan oleh tusukan jarum tersebut. Insiden yang terjadi pada Maret 2018 ini terungkap Senin (9/9/2019) ketika Komisaris Kesehatan dan Disabilitas Selandia Baru, Anthony Hill, merilis sebuah laporan yang menemukan ahli akupunktur tersebut melanggar kode Hak-Hak Konsumen Kesehatan dan Disabilitas negara tersebut.

Postcomended   Vaksin Kanker Dapat Memperpanjang Usia Pasien Kanker Ovarium

Hill mengkritiknya karena gagal memberi tahu pasien bahwa ada risiko paru-paru yang bocor dan karena tidak mendapatkan persetujuan tertulis sebelum melakukan tusuk jarum ke titik-titik “jian jing” yang terkenal berisiko tinggi.

Dia lebih lanjut mempertanyakan mengapa, setelah kejadian itu, dia tidak menyadari bahwa dia telah menusuk paru-paru, bahkan setelah pasien mengeluh sakit di dadanya.

Postcomended   Selamat Bergabung GenPI Bali

“Ahli akupunktur itu tidak melakukan perawatan yang tepat, dan gagal mengenali bahwa gejalanya mungkin disebabkan oleh pneumotoraks, dan karena itu tidak memberikan layanan dengan perawatan dan keterampilan yang wajar,” katanya.

Laporannya itu merekomendasikan para ahli akupunktur untuk melakukan pelatihan lebih lanjut dan mengatakan bahwa klinik di mana dia harus mengembangkan kebijakan formal memastikan persetujuan selalu diperoleh dari kliennya terlebih dulu.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top