Lifestyle

Pebisnis Dallas Pecahkan Rekor Berenang ke Titik Terdalam Bumi di Palung Mariana

Share the knowledge

Menyelam ke titik terdalam Bumi, Victor Vescovo pecahkan rekor James Cameron, sutradara Titanic (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=Yikf7dRShGI)

Menyelam ke titik terdalam Bumi, Victor Vescovo pecahkan rekor James Cameron, sutradara Titanic. Selama penyelaman itu, Vescovo disebutkan bertemu dengan sampah plastik (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=Yikf7dRShGI)

Rekor dunia untuk penyelaman terdalam dalam sejarah baru saja dipecahkan oleh pebisnis Dallas dan penjelajah, Victor Vescovo. Dia terjun 35,853 kaki ke kedalaman Mariana Trench’s Challenger Deep, titik terdalam yang diketahui di Bumi. Dia memecahkan rekor sutradara James Cameron.

Kedalaman yang dicapai oleh Vescovo adalah 66 kaki lebih dalam dari rekor sebelumnya untuk penyelaman solo, yang dipegang oleh sutradara James Cameron, yang mencapai 35.787 kaki pada 2012. Rekor sebelumnya untuk penyelaman terdalam di dunia (bukan solo) adalah 35.813 kaki, dilakukan pada 1960

Deep Planet, seri dokumenter Discovery Channel yang telah mengikuti upaya Vescovo, dilansir Newsweek, akan memungkinkan pemirsa untuk bepergian dengan penjelajah bawah air hingga ke wilayah misterius dan belum dijelajahi ini.

Dalam sebuah wawancara dengan Newsweek, Vescovo mengatakan dia mulai berpikir tentang mencoba menyelam pada 2012 setelah dia mendaki gunung tertinggi di masing-masing benua dunia. Rencananya adalah menyelam ke bagian terdalam dari kelima samudera Bumi. Dia memecahkan rekor penyelaman terdalam selama ekspedisi keduanya ke Palung Mariana.

Postcomended   "Mad" Mike Batal Luncurkan Diri untuk Buktikan Bahwa Bumi Datar

Vescovo lalu menceritakan pengalaman itu. Dia menyebutkan, bagian dasar Palung Mariana adalah baskom krem ​​datar dengan lapisan lumpur yang sangat tebal. Ada beberapa binatang kecil dan transparan yang dengan lembut berombak-ombak untuk bergerak, tetapi sudah pasti ada kehidupan di sana, di dasar lautan terdalam, yang tidak mati dengan cara apa pun.

“Rasanya benar-benar luar biasa berada dalam penciptaan teknis oleh manusia, dengan 16.000 psi (ukuran tekanan) menabrak lambung kapal dan viewports, namun saya hampir merasa seperti sedang duduk di kokpit pesawat terbang,” ujar Vescovo.

Menurut dia, (air di sana) sedikit lebih dingin karena suhunya, namun kata dia sungguh menakjubkan bahwa kecerdasan manusia dan teknik dapat memungkinkan manusia dengan mudah melakukan perjalanan ke tempat yang sangat tidak ramah ini untuk terus menjelajahi dunia kita. “Saya merasa sangat bersemangat dan beruntung bisa melihatnya, tetapi juga sangat damai karena itu (palung Mariana) benar-benar tempat yang tenang, damai.”

Postcomended   Titanic "Kawe" Direncanakan Melayari Jalur Naas Titanic Asli pada 2022

Selama menyelam, Vescovo menemukan berbagai “makhluk aneh” termasuk cacing sendok di kedalaman hampir 23.000 kaki; lebih dalam dari spesies yang pernah ditemukan sebelumnya. Kamera juga menangkap ikan siput, ikan yang hidup di kedalaman terdalam, pada ketinggian 26.250 kaki.

“Risiko terbesar mungkin mengembangkan semacam kebocoran pada tekanan ekstrem,” lanjutnya. “Saat Anda berada di lautan, bisa sampai tiga setengah jam ke permukaan. Kebocoran yang cepat dan dahsyat atau kegagalan struktural akan melenyapkan Anda dalam sepersekian detik. Namun Vescovo bercanda bahwa dia merasa lebih aman di kedalaman tersebut daripada sering mengemudi di jalan raya Texas pada jam sibuk.”

Lebih Tahu Mars daripada Palung Terdalam

Dia mengatakan bahwa tim cukup yakin bahwa Challenger Deep di Palung Mariana adalah titik terdalam di lautan, sehingga mereka cukup percaya diri bahwa mereka tidak bisa masuk lebih dalam. Ekspedisi berikutnya akan melihat Vescovo dan timnya menuju ke Palung Tonga di Pasifik Selatan.

Lautan Bumi sebagian besar belum dijelajahi. Newsweek menyebutkan, Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional memperkirakan bahwa lebih dari 80 persen lautan belum dijelajahi, tidak teramati, dan tidak dipetakan. Diperkirakan bahwa kita tahu lebih banyak tentang permukaan Mars daripada yang kita lakukan di dasar laut.

Postcomended   Citra Bumi: Malam Telah Hilang di Banyak Negara

Palung terdalam mewakili beberapa daerah paling terpencil di planet ini. Memahami mereka, bagaimanapun, dapat memberikan pemahaman penting tentang Bumi,  termasuk tektonik planet ini, perubahan iklim, dan bahkan bagaimana kehidupan dimulai.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top