Edward Snowden, Sang Pembocor Rahasia Intel AS - Dunia Tempo.co Dunia - Tempo.co Edward Snowden, seorang analis intelijen Amerika Serikat berusia 29 tahun, telah mengungkapkan dirinya sebagai

Edward Snowden, Sang Pembocor Rahasia Intel AS – Dunia Tempo.co Dunia – Tempo.co Edward Snowden, seorang analis intelijen Amerika Serikat berusia 29 tahun, telah mengungkapkan dirinya sebagai

Edward Snowden berada di belakang pembuatan aplikasi keamanan baru yang bisa menangkap siapa saja yang mencoba mencuri atau merusak barang-barang Anda saat Anda tidak ada. Aplikasi yang disebut Haven ini, menggunakan berbagai sensor smartphone untuk mendeteksi kapan barang-barang Anda mungkin berisiko terkena penyusup dan mendapatkan bukti.

Anda kemudian dapat memantau dari jarak jauh aktivitas apapun yang terjadi di ruang fisik di sekitar mereka, untuk memudahkan identifikasi calon penjahat. Perangkat lunaknya tidak dirancang untuk dipasang di smartphone utama Anda, tapi pada ponsel “pembakar” sekunder yang murah, lalu Anda akan dengan tenteram meninggalkan barang-barang yang ingin Anda lindungi.

“Haven mendeteksi perubahan lingkungan menggunakan sensor di smartphone kamera biasa, mikrofon, giroskop, akselerometer, lampu ambient, dan daya USB-untuk mengingatkan Anda jika ada orang yang memasuki ruangan Anda atau mencoba mengutak-atik perangkat Anda saat Anda tidak di sana,” kata Freedom of the Press Foundation, dewan dimana Edward Snowden presidennya.

Aplikasi akan memonitor sensor ini untuk “perubahan yang terukur” di lingkungan sekitar, mendeteksi suara dan gerakan yang terlihat, serta apakah telepon telah dipindahkan atau dicabut dari pengisi baterai, dan setiap perubahan pada tekanan udara dan kondisi cahaya. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan perlindungan dalam banyak situasi, termasuk upaya invasi ke rumah, perampokan, perampokan kantor hak asasi manusia, penculikan dan pengrusakan.

Haven hanya menyimpan gambar dan audio saat dipicu oleh gerak atau volume suara, dan menyimpan semuanya secara lokal pada perangkat yang dipasangnya. “Haven mengubah ponsel Android menjadi getaran gerak, suara, getaran dan cahaya, mengawasi tamu tak terduga dan penyusup yang tidak diinginkan,” kata Guardian Project.

“Anda dapat memosisikan kamera perangkat untuk menangkap gerakan yang terlihat, atau mengatur telepon Anda di tempat yang sunyi untuk mendengarkan suara saja. Haven bisa memberitahu kejadian intrusi yang aman secara langsung dan akses log dari jarak jauh, kapan pun.”

Saat ini Haven hanya tersedia di perangkat Android, namun Guardian Project mengatakan bahwa mereka berharap dapat mendukung versi iOS di masa mendatang. Meskipun Haven dibangun terutama untuk wartawan dan pembela hak asasi manusia, namun dapat digunakan oleh siapa saja yang memiliki ponsel Android. Anda bisa mendownload aplikasi di sini.

Edward Snowden adalah warga Amerika Serikat (AS) mantan pegawai dinas rahasia AS, CIA, yang menjadi kontraktor di NSA (National Security Agency) yang pada 2013 membocorkan informasi program mata-mata NSA kepada pers.

Postcomended   Akhirnya, Go-Jek Tak Biarkan Grab dan Uber Main Sendiri di Singapura

Snowden kemudian menjadi buronan pemerintah AS, namun dia berhasil kabur ke Rusia dan bahkan mendapat suaka dari negeri Beruang Merah itu. Pada Januari, Snowden dikabarkan mendapat izin perpanjangan tinggal di negara tersebut.(***/independent/kompas)

Share the knowledge