Nasional

Pemerintah Terbitkan Status Darurat Tumpahan Minyak di Balikpapan

Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan, Bencana Nasional | TELUSUR Telusur.co.id Net

Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan, Bencana Nasional | TELUSUR Telusur.co.id Net

Pemerintah mengumumkan keadaan darurat dalam peristiwa tumpahnya bahan bakar minyak yang menyebar di lepas pantai pulau Kalimantan. Setidaknya empat nelayan di kota pelabuhan Balikpapan tewas selama akhir pekan akibat bahan bakar dinyalakan. Ratusan orang melaporkan masalah kesehatan sejak minyak tersebut tumpah Sabtu (31/3/2018).

Pihak berwenang Selasa mengatakan, tidak jelas apa yang menyebabkan munculnya tumpahan minyak. Dan karena terus menyebar, risiko kebakaran pun meningkat.

Lembaga lingkungan hidup Balikpapan telah memperingatkan warga setempat untuk menghindari kegiatan yang bisa memicu kebakaran.

Tumpahan minyak, yang mengancam pencemaran di perairan untuk memancing di sepanjang pantai, saat ini meliputi area seluas 12 km persegi.

Postcomended   Menyikapi Perang Politik dengan Cerdas

Selain melaporkan empat kematian, pejabat kesehatan setempat menyebutkan ratusan orang di daerah itu mengalami kesulitan bernapas, mual dan muntah sejak kebakaran minyak terjadi.

Menerbitkan keadaan darurat memungkinkan pemerintah setempat memperoleh bantuan dana dari pemerintah pusat untuk menahan tumpahan agar tak menyebar dan untuk operasi pembersihan berikutnya.

Balikpapan, yang berada di provinsi Kalimantan Timur, adalah rumah bagi kilang minyak besar milik perusahaan milik Negara, Pertamina. Ketika investigasi berlanjut bagaimana minyak itu tumpah ke laut, Pertamina mengatakan pipa bawah lautnya tidak bocor.

Postcomended   Istri Mantan PM Malaysia Dituding Bergaya Hidup Mewah

Seorang manajer umum di kilang mengatakan kepada Jakarta Post Sabtu bahwa tumpahan minyak adalah bahan bakar laut, bukan minyak mentah.

Nelayan di Balikpapan mengatakan mereka akan mengambil bagian dalam protes hari Rabu untuk meminta pertanggungjawaban pemerintah Indonesia dan Pertamina atas tumpahan minyak ini. Pertamina telah menolak bertanggung jawab atas bencana tersebut.(***/BBC)

 

#balikpapan #jayapura #palembang #welovebalikpapan #palu #giveawaybandung #giveawaymalang #ambon #giveawaysidoarjo #giveawayjogja #giveawaysemarang #giveawaybali #giveawayezcookingbaking #ezgiveaway #giveawaysurabaya #papua #giveawayjakarta #kalimantan #padang #serang #kutai #instabpn #kenwood #makasar #marabahan #gambut #kapuas #sampit #barabai #tanjung

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top