Pemimpin ISIS Al Baghdadi Dikabarkan Tertangkap di Suriah ... Metro Islam350 × 200Search by image Pemimpin ISIS Bakr al-Baghdadi Dilaporkan Tewas

Pemimpin ISIS Al Baghdadi Dikabarkan Tertangkap di Suriah … Metro Islam350 × 200Search by image Pemimpin ISIS Bakr al-Baghdadi Dilaporkan Tewas

Isu tewasnya Abu Bakr al-Baghdadi, kembali dipatahkan. Pemerintah Irak memastikan pemimpin ISIS ini masih hidup. Sebelumnya, kabar bahwa Baghdadi tewas telah dikonfirmasi Rusia pada 16 Juli 2017, dan dibenarkan pihak ISIS.

Abu Ali al Basri, kepala intelijen dan antiteror Kementerian Dalam Negeri Irak kepada harian Al Sabah, Minggu (16/7/2017), seperti dikutip Iraqi News sehari kemudian, mengatakan, Baghdadi masih bersembunyi di Suriah di sebuah wilayah di luar Raqqa.

Postcomended   Memprihatinkan Ketika Teriakan "Allahu Akbar" Menakutkan Sekaligus Menjadi Lelucon

Basri menegaskan, laporan-laporan yang menyebut Baghdadi tewas adalah tidak benar. Pernyataan Basri ini senada dengan keraguan Amerika Serikat (AS) sepekan lalu.

 

Pada 11 Juli 2017, para pejabat di markas Departemen Pertahanan AS, Pentagon, mengatakan, mereka tidak mempunyai informasi untuk mengukuhkan laporan bahwa Baghdadi telah tewas.

“Kami tidak dapat mengukuhkan laporan ini, tetapi berharap laporan itu benar,” kata koalisi yang dipimpin AS dalam pernyataan yang dikirim melalui email.

Postcomended   Riz Ahmed, Muslim dan Asia Pertama yang Memenangkan Emmy Awards

Pemantau hak azasi Suriah yang berbasis di Inggris melaporkan, Selasa (11/7/17), mereka memperoleh informasi yang mengukuhkan kematian pemimpin ISIS itu. “Namun kami tidak mengetahui kapan ia meninggal atau bagaimana ia meninggal,” kata direktur pemantau hak asasi Suriah, Rami Abdel Rahman kepada AFP.