HEBAT, Indonesia Namai Laut China Selatan dengan Laut Natuna Utara ... Tribun Medan - Tribunnews.com700 × 393Search by image HEBAT, Indonesia Namai Laut China Selatan dengan Laut Natuna Utara, Gini Reaksi Cina

HEBAT, Indonesia Namai Laut China Selatan dengan Laut Natuna Utara … Tribun Medan – Tribunnews.com700 × 393Search by image HEBAT, Indonesia Namai Laut China Selatan dengan Laut Natuna Utara, Gini Reaksi Cina

Pemerintah Indonesia akhirnya meresmikan nama Laut Natuna Utara untuk perairan di sisi utara Kabupaten Natuna yang berbatasan dengan Laut Cina Selatan. Hal ini merupakan konsekuensi atas putusan Mahkamah Arbitrase Internasional, tentang sengketa perbatasan antara Cina dan Filipina, yang membuat perairan Indonesia bertambah 100 mil laut di posisi itu. Bejing pun gerah.

Pengadilan Arbitrase Internasional (PCA/Permanent Court of Arbitration) di Den Haag, Belanda, pada Selasa sore, 12 Juli 2017, memenangkan gugatan Filipina terhadap Tiongkok (Cina) dalam sengketa teritori Laut Cina Selatan.

Postcomended   Alih-alih Pramugari Berbikini, Vietjet Sediakan Menu Halal

Dalam keterangan dari PCA yang diterima Rappler pada Selasa itu, pengadilan memutuskan tidak ada basis legal bagi Tiongkok untuk mengklaim hak berbasis sejarah terhadap sumber daya alam, termasuk hak di lautan dalam nine dashes line.

Dengan demikian, setiap klaim Tiongkok di area Laut Cina Selatan yang berbasis sejarah dari peta Kuomintang (Partai Nasionalis Tiongkok), tidak berlaku. 

Postcomended   422 Pesawat Rute Internasional Landing di Manado