mediakepri » Jejak Perjalanan Tim Ekspedisi Bhinneka Tunggal Ika ... mediakepri618 × 412Search by image Jejak Perjalanan Tim Ekspedisi Bhinneka Tunggal Ika untuk 'Taklukkan' Puncak Carstensz Pyramid

mediakepri » Jejak Perjalanan Tim Ekspedisi Bhinneka Tunggal Ika … mediakepri618 × 412Search by image Jejak Perjalanan Tim Ekspedisi Bhinneka Tunggal Ika untuk ‘Taklukkan’ Puncak Carstensz Pyramid

Selamat jalan suamiku, ayah dari anakku Bilal Hamzah Cartensz. Engkau menghembuskan nafas terakhir di pelukan satu tim saat menghadapi hypothermia pukul 21.00 Wita. Kalimat ini ditulis Pipit Lailatul Fitriyah, istri Ahmad Hadi, di akun Facebook-nya, Senin (9/10/2017). Sang suami dikabarkan meninggal dunia saat mendaki “atap Indonesia”, Carstensz Pyramid, Papua, Minggu (8/10/2017).

Pendaki asal Jakarta ini mengalami hipotermia saat bersama timnya menghadapi cuaca buruk di satu tebing, hingga kemudian meninggal. Hipotermia terjadi ketika mekanisme tubuh untuk pengaturan suhu kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin. Hipotermia terjadi ketika sebagian suhu tubuh berada di bawah 35 °C.

Jenazah Ahmad sampai berita ini diturunkan situs Media Indonesia, masih berada di Yellow Valley (4.300 mdpl). Namun korban belum bisa dievakuasi karena masih terkendala cuaca buruk.

Postcomended   Pesona Ramadan 2018 Lomba Vlog

Carstensz Pyramid (4.884 meter di atas permukaan lau/mdpl) merupakan satu dari tujuh gunung yang masuk “World 7 Summit”. Tak heran jika sekarang banyak yang mendambakan memuncaki gunung ini. Ke-6 gunung lainnya adalah GunungEverest (Asia), Kilimanjaro (Afrika), Elbrus (Eropa), Aconcagua (Amerika Selatan), Mckinley (Amerika Utara), dan Vinson Massif (Antartika).

Postcomended   Nikmati Sunset Sipinsur di Titik Finish Toba Cross Run 2017

Di puncak Carstensz terdapat Prasasti Hartono Basuki, pendaki Mapala UI yang tewas dalam ekspedisi 1982, juga karena terkena hipotermia saat cuaca buruk. Di ketinggian Carstensz, jika cuaca bagus, dapat dilihat Laut Arafuru, dataran tinggi Zenggilorong, Gresberg, Ideburg, Tembagapura, dan Timika.

Menurut pendaki senior, Ripto Mulyono, Carstensz adalah gunung termahal di dunia karena biaya pendakiannya bisa mencapai 1.800 dolar AS. Angka ini setara sekitar Rp 20 juta dengan kurs Rp 13.000/dolar AS.(***/MediaIndonesia/NationalGeographic)

Share the knowledge