Loading...
Internasional

Pendiri Apple Serukan Keluar dari Facebook Jika Masih Menghargai Privasi

Share the knowledge

Steve Wozniak, pendiri Apple Bersama Steve Jobs, alm (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=8bdGrAioJgE)

Steve Wozniak, pendiri Apple bersama Steve Jobs, alm (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=8bdGrAioJgE)

Saran untuk keluar dari Facebook masih diserukan sejumlah pihak. Kali ini seruan tersebut datang dari salah seorang pendiri Apple, Steve Wozniak. Dia mengatakan, orang harus keluar dari Facebook jika mereka menghargai privasi mereka.

Menurut Wozniak, Facebook adalah perusahaan yang menyerang privasi orang. Satu-satunya cara untuk menjauh darinya kata dia, adalah dengan keluar dari media jejaring sosial tersebut.

Terlebih lagi, kata dia, ponsel orang bisa disadap oleh mereka. “Hampir tidak ada cara untuk menghentikannya”, kata pria yang mendirikan Apple bersama Steve Jobs ini.

Wozniak sendiri sudah  meninggalkan Facebook tahun lalu. Dia menghapus akun publiknya setelah skandal penyalahgunaan data oleh Cambridge Analytica. Dia mendesak siapa pun yang peduli tentang privasi mereka untuk mengikuti jejaknya.

Postcomended   Pemilik Perusahaan Genetika Klaim Telah Mengedit DNA Bayi yang Ayahnya Mengidap HIV

“Ada banyak jenis orang yang berbeda, dan beberapa manfaat Facebook sepadan dengan hilangnya privasi,” kata Wozniak kepada TMZ, yang mewawancarainya saat melewati bandara di Washington DC, seperti dikutip laman The Independent, Selasa (9/7/2019).

“Tetapi bagi banyak orang seperti saya. Rekomendasi saya –bagi banyak orang– adalah, Anda harus mencari cara untuk keluar dari Facebook.” Dia merujuk ke speaker pintar (misalnya Alexa) dan perangkat pendengaran lainnya yang sekarang umum tersedia, dan yang telah mendorong berbagai masalah privasi.

“Mereka bisa mengukur detak jantungmu dengan laser sekarang. Mereka bisa mendengarkanmu dengan banyak perangkat. Siapa yang tahu jika ponsel saya disadap sekarang? Alexa sudah banyak membaca berita,” katanya.

Postcomended   Koran Belanda Ungkap Karyawan Cina Curi Rahasia Perusahaan Semikonduktor Belanda

“Jadi saya khawatir karena Anda melakukan percakapan yang Anda anggap pribadi … Anda mengatakan kata-kata yang seharusnya tidak didengarkan, karena Anda tidak mengharapkannya. Tetapi hampir tidak ada cara untuk menghentikannya. ”

Dia kemudian menyarankan bahwa perusahaan media sosial ini harus menawarkan orang kemampuan untuk membayar jika mereka ingin merahasiakan data mereka, daripada digunakan (oleh Facebook) untuk jualan iklan.

“Mengapa mereka tidak memberi saya pilihan? Biarkan saya membayar jumlah tertentu, dan Anda akan menjaga data saya lebih aman dan pribadi daripada orang lain yang menyerahkannya kepada pengiklan,” seru Wozniak.***

Loading...


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Loading...
To Top