Internasional

Pengadilan Banding Setuju “Stairway to Heaven” Diperdengarkan Lagi di Pengadilan

Share the knowledge

 

Led Zeppelin (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=sfR_HWMzgyc)

Led Zeppelin (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=sfR_HWMzgyc)

Satu panel yang terdiri dari 11 hakim di Pengadilan Banding AS ke-9, Senin (10/6/2019), menyetujui permohonan Led Zeppelin untuk mendengarkan lagi lagu “Stairway to Heaven” dalam kasus gugatan hak cipta yang menuduh epik rock 1971-nya itu menjiplak lagu “Taurus”.

Pada pengadilan tahun 2016 yang menyertakan kesaksian dua personel Led  Zeppelin, Jimmy Page (gitaris) dan Robert Plant (vokalis), juri menemukan bahwa “Stairway to Heaven” tidak secara signifikan menyerupai “Taurus”, lagu yang ditulis mendiang Randy Wolfe dan dibawakan band-nya, Spirit.

Dilansir AP News, Page menegaskan, dia menulis musik untuk lagu itu dan membuat liriknya, dan bahwa keduanya asli. Tetapi pada September 2018, panel tiga hakim dari pengadilan ke-9 memutuskan bahwa hakim di persidangan telah gagal memberi saran kepada juri dengan baik, dan memerintahkan persidangan baru.

Para juri dengan suara bulat menemukan bahwa hakim persidangan salah memberi tahu juri bahwa elemen-elemen individual dari lagu seperti not atau skala mungkin tidak memenuhi syarat untuk perlindungan hak cipta, karena kombinasi dari elemen-elemen tersebut dapat memenuhi syarat jika mereka cukup orisinal.

Pengacara Led Zeppelin pindah ke tingkat banding berikutnya, meminta kelompok hakim yang lebih besar untuk menguji kasus ini. Permintaan itu dikabulkan. Panel 11 hakim akan mengadili kasus ini pada akhir September 2019 di San Francisco.

Postcomended   Korea Utara: John Bolton Produk Manusia yang Rusak dan Cacat Struktural

“Stairway to Heaven” mendapatkan popularitasnya pertama kali di tahun 1970-an. Lagu ini bahkan mencetak sejarah menjadi yang paling banyak diputar di radio hingga saat ini. Dilansir Businessweek, hingga 2008 saja “Stairway to Heaven” sudah menghasilkan uang sebesar 562 juta dollar AS atau hampir Rp 6,5 triliun.

Pada 2014, ketika Led Zeppelin berniat merilis ulang lagu-lagunya termasuk “Stairway to Heaven”, grup band Spirit menggugatnya. Led Zeppelin dianggap menjiplak lagu grup band Inggris 1960-an ini yang berjudul “Taurus” pada bagian musik pembukanya.

Namun Led Zeppelin berhasil merontokkan gugatan itu pada sidang 23 Mei 2016. Kemudian pada Maret 2017, kuasa hukum Spirit saat itu, Francis Malofiy, mengajukan banding. Randy Wolfe sebenarnya telah mengajukan klaim secara terbuka pada 1997.

“Mereka (Led Zeppelin) menghasilkan jutaan dolar dari lagu itu dan tak pernah berterima kasih atau menawarkan sedikit uang untuk kami. Ini sangat menyesakkan bagi saya,” kata Wolfe saat itu, seperti dikutip majalah Listener.

Namun baru pada 2014, setelah lagu tersebut berusia 43 tahun, Spirit berani menggugat ke pengadilan. Wolfe sebenarnya telah mengajukan klaim secara terbuka pada 1997, namun Wolfe disebut terlalu miskin untuk menggugatnya.

Postcomended   Google Bantu PBB Bikin Ponsel Pintar 300 Ribuan untuk Separuh Warga Dunia

Jika diperhatikan, petikan gitar pembuka pada “Stairway to Heaven” memang mirip, jika tak mau disebut sekadar terinspirasi, dengan lagu instrumental “Taurus” yang diciptakan tahun 1968. Dugaan semakin kuat karena pada saat band Spirit sibuk konser untuk debut album pertamanya pada 1968-1969 dengan “Taurus” selalu dimainkan di dalamnya, Led Zeppelin adalan band pembuka sepanjang konser mereka di AS.

“Ide di belakang gugatan ini adalah untuk memastikan nama Randy California dicantumkan dalam kredit penciptaan ‘Stairway to Heaven’,” ujar Malofiy, selain juga kompensasi finansial.

Pada proses pengadilan 2016 yang memenangkan Led Zeppelin, Juri menganggap terdapat perbedaan substansial antara lagu ciptaan Page tersebut dengan “Taurus”. Menanggapi kekalahan itu, Malofy beranggapan Juri tidak menemukan kedua lagu tersebut serupa secara substansial karena mereka tidak diizinkan mendengar versi “Taurus. Karena itu dia mengajukan banding.

Postcomended   4 Desember dalam Sejarah: Hasan Tiro Deklarasikan Gerakan Aceh Merdeka

Sejak dirilis Desember 1971, “Stairway to Heaven” masih menjadi pilihan utama untuk diputar setiap stasiun radio di seluruh dunia. Pada perayaan ulang tahun ke-20 “Stairway to Heaven” pada 1991, sumber radio AS mengumumkan lagu tersebut telah mengudara sampai sekitar 2.874.000 kali di seluruh stasiun radio seluruh dunia. Pada tahun 2.000, tercatat lagu ini telah diputar di radio hingga tiga juta kali.***


Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top