NASA's Journey to Mars | NASA NASA1280 × 720Search by image NASA's Journey to Mars

NASA’s Journey to Mars | NASA NASA1280 × 720Search by image NASA’s Journey to Mars

Setelah lima tahun berkeliaran di permukaan planet Mars, Curiosity; wahana milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), mengambil sebuah foto dengan objek misterius. Objek ini menimbulkan spekulasi tentang keberadaan makhluk luar angkasa (alien).

Foto yang diambil pada Maret 2017 ini diunggah di media sosial Reddit oleh akun Prosaic Origin. Ada lebih dari 80 komentar. Sebagian besar yakin bahwa itu UFO (unidentified flying object. Sebagian lagi lebih percaya unggahan tersebut konspirasi di balik misi NASA di Mars.

Postcomended   Wallace Biarkan Darwin Menikmati Popularitas sebagai Penemu Teori Evolusi

Dikutip dari Daily Mail, Nigel Watson, penulis buku UFO Investigation Manual, mengatakan, foto tersebut tidak fokus sehingga sulit memastikan. “Satu-satunya kemungkinan adalah itu sistem pendaratan Mars Rover Curiosity,” kata Watson.

Curiosity adalah sebuah robot penjelajah seukuran mobil, yang menjelajahi Kawah Gale di Mars. Curiosity diluncurkan dari Cape Canaveral, AS, pada 26 November 2011. Dia berhasil mendarat di Aeolis Palus, Kawah Gale, planet Mars, pada 6 Agustus 2012.

Postcomended   Dicari NASA: Petugas Pelindung Bumi

Curiosity membawa misi membedah planet Mars dengan kemampuan yang jauh lebih canggih daripada robot-robot penjelajah (rover) sebelumnya.

Rover ini disebut paling berteknologi maju yang pernah ada. Cara mendaratkannya di Mars juga disebutkan menggunakan cara-cara rumit yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Tahapan pendaratan khusus yang dilakukan Curiosity menggunakan parasut raksasa dan sebuah kendaraan yang dikendalikan jet-controlled dan alat mirip bungee yang disebut “sky crane”. Semua ini dirancang karena teknik pendaratan yang diuji yang digunakan selama misi penjelajahan sebelumnya tidak dapat mengakomodasi rover yang jauh lebih besar dan lebih berat.

Postcomended   Boss Leica: Semua Ponsel Kamera Tidak Betul

Misi Curiosity adalah untuk menentukan apakah Planet Merah tersebut pernah dihuni, setidaknya oleh mikroba. Rover ini, yang seukuran mobil Mini Cooper, dilengkapi 17 kamera dan lengan robot berisi seperangkat alat dan instrumen khusus laboratorium. ***(ra)