https://www.unilad.co.uk/wp-content/uploads/2018/01/CRANBERRIES_DEAD.jpg

Dolores O’Riordan, penyanyi utama dengan band multi platinum Cranberries, meninggal di usia 46 tahun. Berita tersebut dikonfirmasi oleh humasnya dalam sebuah pernyataan, namun tidak ada penyebab kematian yang diumumkan.

O’Riordan, yang harus membatalkan tur dengan Cranberries untuk reuni pada tahun 2017 karena memiliki masalah punggung, telah berada di London untuk sesi rekaman.

Pernyataan tersebut menggambarkan kematian tersebut sebagai “tiba-tiba”, dan menambahkan: “Anggota keluarga hancur mendengar berita tersebut dan meminta privasi pada saat yang sangat sulit ini.”

Sebuah pernyataan polisi Metropolitan juga mengonfirmasi berita tersebut, menyebutkan bahwa jenazah O’Riordan ditemukan di sebuah hotel di Park Lane. “Untuk tahap awal ini kematiannya tidak dapat dijelaskan,” demikian pernyataan tersebut.

Presiden Irlandia, Michael D Higgins, mengatakan, dia mendengar kabar tersebut dengan “kesedihan yang besar”, dan menambahkan: “Kepada semua orang yang mengikuti dan mendukung musik Irlandia, musisi Irlandia dan seni pertunjukan, kematiannya akan menjadi kerugian besar.”

Jim Corr dari kelompok pop Irlandia, Corrs menyampaikan “simpati terdalamnya” untuk keluarga O’Riordan. Duran Duran, yang manajer turnya, Don Burton, menikah dengan O’Riordan selama lebih dari 20 tahun sebelum perceraian mereka pada tahun 2014, mengatakan bahwa mereka “hancur” oleh berita tersebut.

O’Riordan dan Burton memiliki tiga anak: Taylor Baxter, Molly Leigh dan Dakota Rain. O’Riordan, lahir di Limerick pada 1971, bergabung dengan Cranberries –yang kemudian disebut Cranberry Saw Us– pada 1990, dan tampil bersama mereka sampai 2008 ketika mereka absen.

Didorong oleh vokal tulus O’Riordan dan aksen Irlandia barat yang “tidak salah lagi”, mereka menjadi sangat sukses di kedua sisi Atlantik. Hit mereka dimulai dengan “Linger” yang bernada lesu dan menawan, yang mencapai Top 10 di Amerika Serikat dan Irlandia, dan No.14 di Inggris.

Hal itu digambarkan oleh O’Riordan di Guardian tahun lalu karena terinspirasi oleh “dicampakkan, secara terbuka, di disko. Semuanya begitu dramatis saat berusia 17 tahun, jadi saya menuangkannya ke dalam lagu.”

Penyanyi utama “Zombie” ini menunjukkan sisi baru pada band tersebut dan pada suara O’Riordan. “Zombie” adalah sebuah lagu yang berat, menyiksa dan anthemic yang penuh dengan kekerasan dari “The Troubles”. Lagu ini ditulis setelah sebuah bom IRA 1993 di Warrington yang membunuh bocah tiga tahun, Jonathan Ball, dan Tim Parry yang berusia 12 tahun.

Tur 2017 band ini dibatasi karena O’Riordan menderita masalah punggung. Tanggal konser mereka di AS kemudian dibatalkan atas saran dokter.

Dalam sebuah pernyataan setelah pembatalan, band tersebut mengatakan bahwa mereka “sangat kecewa” dan menambahkan: “Pencurahan dukungan Cranberries yang telah diterima dari penggemar dan pengikut selama beberapa bulan terakhir, sangat dihargai.”(***/guardian)

 

Share the knowledge