Penyelidik: Penyimpangan Desain Pesawat Boeing 737 Max Berperan Penting dalam Kecelakaan Lion Air

Ekonomi
Share the knowledge

KNKT menyebutkan bahwa penyimpangan desain Boeing 737 Max 8 berperan penting pada kecelakaan yang jatuh di perairan Karawang pada Oktober tahun lalu. (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=1XEsSRqnOwc)
KNKT menyebutkan bahwa penyimpangan desain Boeing 737 Max 8 berperan penting pada kecelakaan yang jatuh di perairan Karawang pada Oktober tahun lalu. (gambar dari: https://www.youtube.com/watch?v=1XEsSRqnOwc)

Penyelidik Indonesia menemukan, penyimpangan desain pesawat Boeing 737 MAX, memainkan peran penting dalam kecelakaan Lion Air pada Oktober 2018 yang menewaskan 189 jiwa di atas pesawat. Mereka juga menemukan bahwa penyimpangan pengawasan juga ambil bagian.

Wall Street Journal (WSJ) melaporkan, Minggu, rancangan kesimpulan yang diharapkan menjadi temuan resmi pertama pemerintah Indonesia atas kecacatan desain dan persetujuan peraturan Amerika Serikat (AS), juga mengidentifikasi serangkaian kesalahan pilot dan kesalahan perawatan sebagai faktor penyebab kecelakaan Lion Air.

Boeing 737 MAX telah di-grounded (ditangguhkan penerbangannya) sejak Maret silam setelah dua kecelakaan fatal dalam hanya lima bulan. Seorang juru bicara Boeing tidak mengomentari laporan surat kabar itu tetapi mengatakan, pembuat pesawat terus menawarkan dukungan kepada otoritas investigasi ketika mereka menyelesaikan laporan mereka.

Postcomended   Taylor Swift dan The Beatles pun Menyerah kepada Spotify

Kepala komite keselamatan transportasi Indonesia (KNKT), Soerjanto Tjahjono, mengatakan kepada Reuters, Senin (23/9/2019), dia tidak bisa berkomentar sebelum rilis laporan akhir, yang diharapkan pada awal November 2019.

Dia mengatakan, beberapa pemangku kepentingan –tetapi tidak semua– telah memberikan umpan balik pada draf laporan akhir yang belum dirilis secara publik. Draf tersebut diedarkan ke berbagai pihak termasuk Boeing, Lion Air, dan Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) pada 24 Agustus 2019.

“Ada pemangku kepentingan yang telah mengirimkan jawaban mereka kepada kami dan kami sedang mengevaluasi mereka,” kata Tjahjono.

Penyelidik kecelakaan udara AS siap untuk mengumumkan beberapa rekomendasi keselamatan terpisah, dari memperkuat keterampilan terbang manual pilot hingga meningkatkan pemeriksaan FAA untuk desain pesawat baru, tambah WSJ.

Postcomended   Ford Akhirnya Pangkas 7.000 Pekerjaan "Kerah Putih" Secara Global

“Sekitar akhir September, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB), diharapkan menyerukan peningkatan pelatihan kokpit dan pengambilan keputusan awak dan fokus pada kemungkinan perubahan sertifikasi pesawat terbang baru,” kata surat kabar tersebut.

NTSB menolak mengomentari laporan WSJ tetapi mengatakan berencana merilis rekomendasi pada program sertifikasi FAA sekitar bulan September. FAA menyambut pemeriksaan dari para ahli keselamatan dan menantikan temuan mereka, kata FAA dalam sebuah pernyataan.

“Kami terus bekerja dengan regulator keselamatan penerbangan internasional lainnya dan akan mempertimbangkan semua rekomendasi dengan cermat,” tambahnya. “FAA akan memasukkan setiap perubahan yang akan meningkatkan kegiatan sertifikasi kami.”***


Share the knowledge

Leave a Reply