Ekonomi

Perceraian Mungkin Bakal Menggerus Kekayaan Boss Amazon

 

https://www.youtube.com/watch?v=ToyPEqzZjdU

Jeff Bezos dan MacKenzie dikabarkan bercerai (gambar dari: YouTube)

Raksasa ritel online Amazon, mungkin tak akan sehebat sekarang tanpa seorang perempuan di belakang sang Boss Jeff Bezos. Jika perempuan itu, yang adalah istrinya, MacKenzie, sangat berpengaruh bagi Bezos, maka dunia bertanya, apakah Amazon masih akan tetap sehebat sekarang setelah mereka dikabarkan bercerai.

Pasangan terkaya di dunia itu mengumumkan dalam sebuah pernyataan bersama Rabu (9/1/2019) bahwa mereka akan bercerai, setelah 25 tahun menikah. Perceraian dapat secara drastis mengurangi saham Bezos di Amazon dan membuka pintu bagi istrinya untuk menjadi salah satu pemegang saham terbesarnya, dengan pengaruh baru di perusahaan, menurut pengacara perceraian dan pakar tata kelola perusahaan.

Washington, tempat keluarga itu tinggal, dan Amazon, adalah negara bagian milik komunitas, yang berarti aset yang diperoleh selama perkawinan harus dibagi secara adil dalam perceraian. Mengingat bahwa Amazon diluncurkan setelah pasangan ini menikah, aturan ini kemungkinan akan berlaku untuk hampir semua kekayaan bersih Jeff Bezos saat ini senilai 137 miliar dollar AS, kata para ahli.

Postcomended   Ada Indomie di Balik Kesuksesan Program Imunisasi Polio di Nigeria

Tidak diketahui apakah pasangan tersebut memiliki perjanjian pra atau pasca pernikahan. Juga tidak jelas apakah mereka akan mengajukan cerai dalam kondisi yang berbeda. Mereka memiliki properti di California, Texas, dan Washington DC, di antara lokasi lain.

Dengan asumsi tidak ada kesepakatan sebelumnya, CEO Amazon ini mungkin perlu menjual atau mentransfer setengah dari lebih dari 16% sahamnya di perusahaan untuk memenuhi pembagian yang sama untuk perceraian, kata pengacara.

MacKenzie kemudian dapat mencoba menggunakan sahamnya yang besar di Amazon untuk mendorong perubahan di perusahaan, yang berpotensi bertentangan dengan ide-ide mantan suaminya. Namun menurut analis Wedbush, ini tidak mungkin akan menyebabkan perusahaan berubah.

“Ini hanya 8% dari saham,” kata Michael Pachter, analis Wedbush. Jumlah ini menurut Pachter, tidak cukup bagi seseorang melakukan control. “Jeff tetap fokus dan terlibat dalam semua aspek Amazon,” Drew Herdener, wakil presiden komunikasi perusahaan, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada CNN.

Postcomended   Idap Bipolar, Sinead O'Connor Unggah Video di Facebook, Mengatakan Sedang Bunuh Diri #FacebookDown

Tidak seperti CEO teknologi lainnya, termasuk Facebook, Mark Zuckerberg, dan Snap’s Evan Spiegel, kendali Bezos terhadap Amazon tidak datang dari memiliki mayoritas suara di perusahaan, tetapi lebih dari rekam jejak kepemimpinan yang kuat selama dua dekade. Sehingga ini mungkin tidak akan berubah dengan berkurangnya kepemilikan.

Memang, saham Amazon-nya telah menurun selama bertahun-tahun saat ia menjual saham untuk mendanai perusahaan roketnya, Blue Origin. Namun menurut seorang pengacara yang tidak terlibat kasus perceraian ini, Laurence Hirsch, mengatakan, untuk melakukan kontrol di Amazon tidak hanya berisiko menciptakan tontonan publik, tetapi juga dapat merusak nilai kepemilikannya sendiri dengan mengganggu operasi bisnis.

“Dugaan saya adalah akan ada peluang selama negosiasi yang memungkinkan MacKenzie untuk menerima lebih banyak daripada yang diantisipasi publik dalam hal aset sebagai imbalan atas kerja sama penuhnya,” kata Hirsch.
Setelah Bezos  dan MacKenzie merilis pernyataan mereka, The New York Post dan The National Enquirer melaporkan bahwa Bezos mulai melirik wanita lain.***

Postcomended   TIME Memotret Wanita-wanita Tangguh untuk Sampulnya Hanya Menggunakan iPhone

 

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top