Paket lembut yang lebih cocok untuk mobil listrik dan baterai ... OptimumNano Dua baterai memiliki positif, negatif dan elektrolit, bahan katoda yang umumnya lithium kobalt oksida, nikel kobalt mangan manganate (terner bahan), ...

Paket lembut yang lebih cocok untuk mobil listrik dan baterai … OptimumNano Dua baterai memiliki positif, negatif dan elektrolit, bahan katoda yang umumnya lithium kobalt oksida, nikel kobalt mangan manganate (terner bahan), …

Meningkatnya penggunaan mobil listrik, khususnya di negara-negara maju, membuat permintaan bahan baku kobalt dan lithium, melonjak. Swedia misalnya, berencana meningkatkan upaya menemukan mineral berharga tersebut. Kualitas lingkungan mungkin membaik dengan elektrifikasi mobil, namun kabar buruk datang dari wilayah kaya kobalt seperti Kongo. Di sana eksploitasi anak sebagai penambang kobalt meningkat.

Kobalt dan lithium adalah komponen baterai kunci yang semakin diminati kalangan pembuat kendaraan listrik. Swedia diketahui sebagai negara terbesar ketiga pengguna mobil listrik setelah Norwegia dan Belanda.

 Pemerintah Swedia akan menginvestasikan 10 juta kronor (sekitar Rp 17 miliar) selama dua tahun ke depan untuk memetakan keberadaan mineral yang dianggap penting untuk pertumbuhan di masa depan ini. Namun sementara pemerintah Swedia memiliki sejarah penambangan untuk logam dasar, Survei Geologi Swedia, sebuah lembaga pemerintah, percaya ada potensi untuk memperluas penambangan mineral yang lebih tidak biasa seperti tungsten dan unsur tanah jarang (REE/rare earth elements).

Wuih, Dahlan Iskan Pamerkan Mobil Listrik di Kantornya, Begini ... Tribun Kaltim - Tribunnews.com Wuih, Dahlan Iskan Pamerkan Mobil Listrik di Kantornya, Begini Komentar Presiden Jokowi

Wuih, Dahlan Iskan Pamerkan Mobil Listrik di Kantornya, Begini … Tribun Kaltim – Tribunnews.com Wuih, Dahlan Iskan Pamerkan Mobil Listrik di Kantornya, Begini Komentar Presiden Jokowi

“Swedia memiliki aset unik di batuan dasarnya,” kata Menteri Enterprise Mikael Damberg dalam sebuah wawancara telepon, Kamis (29/3/2018). “Secara historis, kami terutama mengeksplorasi mineral seperti tembaga, besi, perak dan emas. Namun peralihan ke teknologi hijau berarti ada kebutuhan yang meningkat akan mineral lainnya. ”

Rencana tersebut merupakan bagian dari dorongan global untuk menjaga pasokan logam-logam kritis dan mengurangi ketergantungan dunia pada Kongo untuk kobalt. Negara Afrika yang sedang dilanda konflik ini adalah produsen kobalt terbesar, di mana penambangan rakyatnya telah mengeksploitasi pekerja anak. 

Harga kobalt telah meningkat tiga kali lipat sejak awal 2016. Jika masing-masing 1 miliar mobil saat ini di jalan diganti dengan Tesla Model X, permintaan untuk kobalt akan sama dengan 14 juta ton; dua kali ukuran cadangan global saat ini, menurut sebuah studi oleh analis komoditas CRU Group.

Bahkan skenario yang lebih realistis dari 30 juta mobil listrik pada 2030 akan membutuhkan output lebih dari tiga kali lipat dari level saat ini.

Selain inisiatif yang didanai pemerintah, Swedia juga telah melihat peningkatan investasi swasta dalam eksplorasi mineral yang digunakan dalam baterai. Salah satunya adalah Talga Resources Australia, yang menjalankan kegiatan eksplorasi yang bertujuan mengekstrak kobalt dan grafit di Swedia utara. Dalam pembaruan baru-baru ini, mengatakan deposit logam dasar di Swedia memiliki “potensi signifikan” sebagai pasokan kobalt masa depan untuk baterai.

Soal Baterai Mobil Listrik, Harganya Masih Sangat Mahal - Otomotif ... Otomotif - Liputan6.com Baterai Mobil Listrik

Soal Baterai Mobil Listrik, Harganya Masih Sangat Mahal – Otomotif … Otomotif – Liputan6.com Baterai Mobil Listrik

Survei Geologi Swedia (SGU) memiliki koleksi 18.000 sampel inti, beberapa di antaranya berasal dari tahun 1858, yang dapat dianalisis untuk jejak materi yang sebelumnya telah diabaikan. Ini juga akan melihat bahan limbah dari tambang logam dasar yang ada.

Meskipun Swedia memiliki cadangan litium dan kobalt yang diketahui, ekstraksi mereka sejauh ini belum terbukti efektif.(***/bloomberg/independent)

Share the knowledge