GM-SAIC Ciptakan Mesin Baru - Kompas.com Megapolitan - Kompas.com

GM-SAIC Ciptakan Mesin Baru – Kompas.com Megapolitan – Kompas.com

Giliran General Motors (GM) memangkas beberapa ratus pekerjaan di pabriknya di Lordstown, Ohio, Amerika Serikat (AS). Hal ini dilakukan karena pabrik mobil ini menyesuaikan dengan permintaan mobil yang secara dramatis melambat. Pabrik yang mempekerjakan hanya 3.000 pekerja ini, hanya memroduksi Chevy Cruze. Belum lama ini, produsen Jaguar Land Rover (JLR) yang memproduksi sedan saloon dan SUV ningrat Range Rover, juga melakukan hal sama.

Para pemimpin pabrik pada Jumat (13/4/2018) sore menginformasikan kepada para pekerja bahwa pabrik akan memperlambat jalur perakitan dengan menghilangkan satu dari dua shift mulai pertengahan Juni depan.

Langkah ini tidak mengejutkan mengingat terjadi penurunan permintaan yang dramatis untuk sedan, terutama di AS. Tahun ini, penjualan mobil turun 13,2 persen sementara penjualan pickup, SUV, dan crossover, naik tujuh persen. Untuk Chevy Cruze, penurunan penjualan bahkan lebih parah.

Postcomended   Open trip UNIQUE BALI 3d 2n

Menurut lembaga riset Autodata, tahun ini penjualan Cruze jatuh 28 persen. Pada 2017, GM menjual lebih dari 184.000 model Cruze di AS, yang turun 32 persen dari hanya empat tahun lalu ketika penjualan mobil itu mencapai 273.000 kendaraan. Penurunan ini mendorong GM pada awal 2017 untuk menjalankan lini perakitan secara terus menerus di pabrik Lordstown untuk mengurangi lagi kedua shift yang ada.

Pengurangan produksi mobil ini dilakukan karena data baru menunjukkan adanya permintaan percepatan untuk produksi kendaraan jenis SUV. Perusahaan konsultan otomotif, IHS Markit, mengatakan, kesetiaan di antara pemilik SUV dan crossover mencapai titik tertinggi sepanjang tahun lalu. Sebanyak 66,9 persen rumah tangga AS yang telah memiliki SUV atau kendaraan utilitas crossover, kembali ke pasar membeli kendaraan jenis sama.

“Berbagai jenis kendaraan utilitas tersedia, baik dari ukuran, harga atau teknologi, yang kini menjadi pesaing di antara sedan dan terus berkembang,” kata Tom Libby dari IHS Markit.

Postcomended   Penjualan Mobil Amerika dan Eropa Rontok: Boss Cadillac Dipecat Mendadak

Dilansir Telegraph, Jumat (13/4/2018), perusahaan mobil Jaguar Land Rover (JLR) di pabrik Inggris juga telah memangkas 1.000 pekerjaan, bahkan disebut telah mengoptimalkan kerja staf permanen di pabriknya. Hal ini dilakukan menyusul volume penjualan yang menurun.

Para pekerja disebut akan meninggalkan JLR pada Mei dan Juni ini, seiring perusahaan yang tidak memperbarui kontrak staf agen di pabrik Solihull, di Inggris. Pabrik ini adalah yang memproduksi XE dan XF saloons (sedan berukuran lebih besar untuk pasar menengah atas), dan mobil sport. (***/CNBC/telegraph)