Cina terus bergerak mencengangkan dunia. Awal November 2017, negeri ini membuka pintu perpustakaan baru yang futuristik. Perpustakaan Binhai Tianjin, yang terletak persis di luar Beijing, memiliki atrium bola bercahaya dengan rak buku yang melapisi dinding dari lantai hingga langit-langit. Namun ada yang membuat ruangan ini disebut “lebih fiksi daripada buku”, apakah itu?

Meskipun beberapa rak berisi tumpukan buku, yang lainnya hanya berupa buku bohongan, yakni berupa lempeng aluminium yang meniru buku; sebuah fitur yang mendorong kritik bahwa ruang yang banyak dipuji ini “lebih fiksi daripada buku.”

Postcomended   Bangun Pangkalan, Cina Semakin Menancapkan Kuku di Afrika

Apa yang terlihat sebagai fantasi terakhir dari para pecinta buku ini, bagaimanapun dibuat untuk bisa menampung hingga 1,2 juta buku. Perusahaan arsitektur Belanda MVRDV berkolaborasi dengan Tianjin Urban Planning and Design Institute (TUPDI) untuk menciptakan ruang berlantai lima yang menyerupai mata tiga dimensi dari luar.

Sejak sketsa pertama sampai pembukaannya, proyek tersebut memakan waktu tiga tahun untuk menyelesaikannya, menurut MVRDV. Rak buku besar yang mengelilingi dinding perpustakaan, bagai bergulir melintasi langit-langit seperti ombak, dirancang untuk menampung lebih dari sekedar buku. Pengunjung bisa berjalan di antara rak-rak tersebut.

Postcomended   Ngeri! Satu Ton Sabu Diselundupkan dari Cina ke Anyer

“Sudut dan kurva dimaksudkan untuk merangsang kegunaan ruang yang berbeda, seperti membaca, berjalan, bertemu, dan berdiskusi,” kata Winy Maas, salah satu pendiri MVRDV dalam siaran persnya. “Bersama-sama mereka membentuk ‘mata’ bangunan itu.”

Meskipun beberapa rak berisi tumpukan buku, yang lain hanya berupa buku bohongan, yakni berupa lempeng aluminium yang meniru buku; sebuah fitur yang mendorong kritik bahwa ruang yang banyak dipuji ini “lebih fiksi daripada buku.”

Sebagian besar koleksi buku perpustakaan tersimpan di ruangan lain. Meskipun demikian, atrium perpustakaan ini adalah pertunjukan yang spektakuler dan karena itu telah menarik rata-rata 15.000 pengunjung pada akhir pekan.(***/fortune)

Postcomended   Facebook Diblokir di Cina, Zuckerberg Diam-diam Rilis "Colourfull Balloons"

Share the knowledge