Internasional

Pertama Kali Terjadi Penyakit Tikus Menular kepada Manusia

Picture: Getty Images

Picture: Getty Images

Untuk pertama kalinya, kasus hepatitis E tikus telah ditemukan pada manusia di Hong Kong.
Seorang pria berusia 56 tahun telah didiagnosis mengidap penyakit tersebut, kata peneliti dari University of Hong Kong. Sebelumnya tidak diketahui penyakit ini dapat ditularkan dari tikus ke manusia, bahkan ke binatang lain seperti monyet.

“Percobaan laboratorium sebelumnya telah menemukan bahwa virus hepatitis E tikus tidak dapat ditularkan ke monyet, dan virus hepatitis A manusia tidak dapat ditularkan ke tikus,” kata Dr. Siddharth Sridhar, asisten profesor klinis di Universitas Hong Kong, menjelaskan bahwa monyet sangat dekat dengan manusia dalam hal kerentanan penyakit.

Menurut Sridhar dalam konferensi pers terkait wabah ini seperti dilaporkan CNN, selama ini risiko hepatitis E tikus mempengaruhi manusia telah diremehkan.

Pria itu mengembangkan penyakit setelah menjalani transplantasi hati setelah mengalami infeksi kronis akibat hepatitis B. Dia terus menunjukkan tanda-tanda fungsi hati yang abnormal, kata Sridhar, tanpa penyebab yang jelas.

Postcomended   Selangkah Lagi bagi Ilmuwan untuk Temukan Vaksin Jerawat

Investigasi mengungkapkan tanda-tanda respon kekebalan terhadap hepatitis E, yang merupakan penyebab utama hepatitis yang memvirusi manusia di seluruh dunia, katanya. Tetapi tes untuk bentuk manusia dari virus tersebut, kembali negatif.

Pentahapan genetik dari virus yang menginfeksi pria itu kemudian mengungkapkan kesamaan dengan bentuk tikus dari penyakit itu dan pria itu diberikan pengobatan antivirus. “Pasien sudah sembuh, pada tahap ini kita tidak bisa lagi mendeteksi virus dalam spesimen klinis,” kata Sridhar.

Menyeberang ke Manusia

Tim kemudian ingin tahu bagaimana penyakit itu bisa menyeberang dari tikus ke manusia dan percaya bahwa pria itu tertulari penyakit itu dari tikus yang menginjak-injak saluran pembuangan sampah di dekat rumahnya. “Virus hepatitis E tikus sekarang bergabung dengan daftar infeksi sebagai patogen penting yang dapat ditularkan dari tikus ke manusia,” kata Sridhar.

Postcomended   Dengan Dosis Tepat, Pertengkaran antar Saudara Penting untuk Kesehatan Mental

Tim tersebut percaya bahwa tindakan pengendalian yang paling penting adalah membatasi populasi tikus dan memastikan tidak ada sampah untuk dimakan tikus.

Hepatitis menyebabkan peradangan hati, dengan berbagai virus yang menyebabkannya. Paling umum, hepatitis A, B dan C menyebar melalui makanan yang terkontaminasi dan air atau darah dan cairan tubuh lainnya, tergantung pada virusnya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bentuk manusia dari hepatitis E biasanya ditularkan melalui air yang terkontaminasi, dan diperkirakan menginfeksi 20 juta orang di seluruh dunia, mengakibatkan 3,3 juta orang menunjukkan gejala setiap tahun.

Ini menyebabkan sekitar 44.000 kematian pada tahun 2015, membuat 3,3% dari semua kematian akibat hepatitis yang viral. Bentuk hewan dari penyakit ini diduga menginfeksi babi hutan, babi, dan rusa domestik, serta tikus dan hewan pengerat lainnya.***

Share the knowledge
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

To Top